06
Pengamat : Anies-Sandi Melenggang Ke PutaranDua Pilkada DKI Imbas Soft Campaign
10Berita– Pengamat Politik UI Donny Gahral Adiansyahmengungkapkan jika melonjaknya suara pasangan calon nomor 3 dilaga Pilkada DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno hingga angkanya berbeda tipis dengan pasangan no urut dua Ahok-Djarot, dinilai karena kelihaian keduanya menarik simpati menggunakan soft campaign.
“Anies mampu menarik simpati dengan soft campaign,” jelas Donny seperti dilansir dari tempo.co di Jakarta,Kamis 16 Februari 2017.
Dia menambahkan “Secara internal saya kira Anies berkampanye secara soft dan menyentuh, meski tetap lemah pada detil apa yang harus dilakukan,” jelas Donny.
Keunggulan dari pasangan Anies-Sandi yakni tidak pernah menyerang pemerintah. “Hal ini juga mengundang simpati pemilih,” terang dia.
“Faktor eksternal tentu saja keuntungan yang tidak diniatkan dari pertarungan paslon Agus-Sylvi (AHY) dengan Ahok-Djarot,” kata Donny. Blunder yang dilakukan kerabat AHY di media sosial, kata dia membuat berpindahnya pemilih AHY kepada Anies.
Begitu juga pengaruh dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang juga turut peran, seperti haknya peran SBY kepada Agus-Sylvi dan Megawati untuk Ahok-Djarot.
Permainan “cantik” yang dimainkan oleh Anies, menurut Donny yakni kemampuannya mengambil diferensiasi atau perbedaan dengan pasangan AHY dengan mencegah sebisa mungkin hard campaign, yang menyerang.
Sumber:Dedy Kusnaedi