OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 17 Juni 2017

Makanan Bermasalah yang Justru Jadi Favorit Kala Ramadhan

Makanan Bermasalah yang Justru Jadi Favorit Kala Ramadhan

Makanan Bermasalah yang Justru Jadi Favorit Kala Ramadhan

Sahabat Ummi, bagi yang membiasakan hidup sehat, terutama dari pola makan sehat, two thumbs up! Akan tetapi bagi yang masih bersahabat dengan junk food, setidaknya perlu meminimalisir konsumsi junkfood di bulan suci Ramadhan.

Apa sajakah makanan bermasalah yang bisa menyebabkan kendala kesehatan saat Ramadhan?

1. Gorengan

Siapa sih yang melewatkan buka puasa dengan gorengan? Tukang gorengan laris manis tiap menjelang Maghrib.

Tak masalah jika bisa mengontrol jumlah gorengan yang kita konsumsi. Misalnya maksimal 2. Itupun harus pastikan gorengannya digoreng dengan sehat, tanpa tambahan plastik kresek ketika proses penggorengan.

Akan tetapi, biasanya agak susah mengerem mulut begitu mengunyah satu gorengan, bakwan misalnya... Teman-temannya yang lain seperti tahu isi, risol, cireng, dan tempe goreng pun ikutan diganyam.

Oleh sebab itu, pengendalian diri terhadap gorengan amatlah penting, jika tak mau terserang sakit tenggorokan, gangguan pencernaan, dan obesitas.

2. Mie instan

Praktis sekali ya sahur dan berbuka dengan mie instan? Tapi lebih praktis makan kurma 7 butir dan beberapa teguk air putih saja lho.

Faktanya, makan kurma adalah sunah sedangkan makan mie instan meskipun tidak sampai haram, tapi kurang sehat untuk pencernaan kita, apalagi kalau dimakan setiap hari.

3. Minuman bersoda

Minuman bersoda banyak menjadi menu pendamping makanan junkfood. Padahal minuman bersoda ini sekaligus bisa disebut sebagai minuman berdosa! Efek sampingnya cukup banyak bagi kesehatan.

Maka, jauhi dulu deh konsumsi minuman bersoda. 

4. Es batu

Es batu itu nikmat luar biasa ketika dicampur dengan minuman apapun. Akan tetapi, tetap saja kita perlu perhatikan dari bahan apa es batu tersebut dibuat. Air matang atau mentah? 

Kalau terbuat dari air matang, alhamdulillah. Tapi tetap saja jangan berlebihan mengonsumsinya kala berbuka puasa. Ada baiknya berbuka terlebih dahulu dengan air putih yang suhunya sama dengan suhu tubuh kita, tidak terlalu dingin.

Foto ilustrasi : Google

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)

Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi081546144426 (bisa via whatsapp).

Sumber: Ummi online