OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 01 Agustus 2017

Menang Banyak, Taliban Rilis Video Hasil-hasil Pertempuran di Paktia

Menang Banyak, Taliban Rilis Video Hasil-hasil Pertempuran di Paktia


10Berita, Paktia – Imarah Islam (Taliban) merilis sebuah video hasil-hasil pertempuran selama sepekan terakhir. Dalam video terlihat pejuang-pejuang Taliban berhasil mengambil alih dan menguasai distrik Jani Khel di propinsi Paktia, termasuk dua distrik lainnya di wilayah lain di Afghanistan.

Dokumentasi perang ini dirilis oleh Studio Al-Imarah yang bernaung di bawah Divisi Multimedia Komisi Kebudayaan Imarah Islam Afghanistan. Pejuang-pejuang Taliban terlihat menyerang sebuah pos pertahanan militer di pusat distrik. Para jihadis itu kembali muncul di video setelah berhasil menyerbu dan menguasai markas-markas militer yang mengelilingi pusat distrik Jani Khel.

Dalam kontak senjata sengit tersebut Taliban berhasil menewaskan sedikitnya belasan anggota personil keamanan dan menangkap lebih dari 10 lainnya sebagai tawanan. Mayat-mayat tentara pemerintah boneka Afghan juga diperlihatkan dalam beberapa durasi, sementara seorang pemimpin Taliban di Jani Khel mewawancarai tentara Afghan yang tertawan.

Di bagian lain, Taliban memamerkan ghanimah sejumlah mobil dan kendaraan militer buatan Amerika seperti Humvees dan SUV pickup jenis Ranger yang biasa dipakai baik polisi maupun militer. Kendaraan-kendaraan itu sebagian telah hancur akibat pertempuran, dan lebih banyak lainnya masih bisa digunakan. Senjata roket peluncur granat (RPG), senapan mesin, senapan serbu, mortar, dan lainnya dalam jumlah besar menjadi ghanimah Mujahidin. Di samping itu, sejumlah besar amunisi dan shell mortar yang masih dikemas dalam krat-krat dan box-aluminium juga diambil begitu saja oleh Taliban dari pusat distrik.

Distrik Jani Khel jatuh ke tangan Taliban pada tanggal 25 Juli lalu dan hingga kini masih dikuasai salah satu kelompok insurjensi terkuat di dunia itu. Propinsi Paktia sendiri dikenal merupakan basis pertahanan yang kuat dari Jaringan Haqqani, sebuah entitas sub-struktur Taliban yang berbasis di bagian timur Afghanistan dan kawasan kesukuan Pakistan. Jaringan Haqqani juga diketahui bersekutu dekat dengan al-Qaidah sebagaimana organisasi induk mereka, Imarah Islam Taliban.

Taliban

Sumber: The Long War Journal
Redaktur: Yasin Muslim

Sumber: Kiblat