OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 16 September 2017

Aksi Bela Rohingya Bangkitkan Memori Aksi 212

Aksi Bela Rohingya Bangkitkan Memori Aksi 212

10Berita, Jakarta – Ribuan peserta bergabung dalam aksi solidaritas bertajuk Aksi Bela Rohingya, yang digelar hari ini dan dipusatkan di Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Ribuan massa memadati area Budaran Patung Kuda, Jakarta Pusat pada Sabtu (16/09) saat digelar Aksi Bela Rohingya. Dimotori PKS, aksi itu juga didukung oleh banyak ormas, seperti PUI, IKADI, FPI, MATHLA’UL ANWAR, DDII, dan Al Irsyad. Ormas lain yang mendukung aksi itu di antaranya, FUI, Hidayatullah, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Persis, dan Al Ittihadiyah.

Dari pantauan Kiblat.net, massa Aksi Bela Rohingya memadati area Jalan Meredeka Selatan, yang tepat di sisi selatan Monumen Nasional. Dengan didominasi pakaian serba putih-putih, massa perlahan menuju titik orasi di area Bundaran Paatung Kuda.

Salah satu peserta massa aksi solidaritas mengaku senang dan bahagia bisa menghadiri aksi kali ini. Aksi Bela Rohingya dianggap membangkitkan memori dan menjadi ajang reuni Aksi 212 tahun lalu. Terlebih, menurutnya aksi ini sebagai bukti solidaritas kemanusiaan warga Indonesia.

“Wah senang sekali, ini kayak reunian aksi 212 aja. Ya cuma ini yang bisa kami berikan untuk saudara kami di sana,” ungkap Juli.

Seorang ibu yang mengaku berasal dari Cikarang mengatakan kehadirannya dalam aksi kali ini adalah sebagai rasa simpatinya kepada kaum etnis Rohingya, yang saat ini tengah mendapat kekerasan dari Pemerintah Myanmar. “Ini sebagai empati kami terhadap etnis Rohingya di sana,” ujar ibu itu.

Sama seperti pendapat seorang peserta sebelumnya, ia juga menganggap aksi ini sebagai bentuk pemersatu umat. “Tentu ini juga bisa jadi sebagai wadah ukhuwah antar umat, bahkan serasa reuni 212,” imbuhnya.

Sekira pukul 12:10 aksi disudahi. Di tengah teriknya matahari, massa satu persatu mulai meninggalkan area Bundaran Patung Kuda.

Reporter: Reno
Editor: Imam S.

Sumber:  Kiblat.