OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 11 September 2017

Setelah Presiden Prancis, Kini Giliran PM Yunani Dukung Aksesi Turki ke Uni Eropa

Setelah Presiden Prancis, Kini Giliran PM Yunani Dukung Aksesi Turki ke Uni Eropa


PM Yunani, Aleksis Tsipras. (yenisafak.com/ar)

10Berita – Athena. Perdana Menteri (PM) Yunani, Aleksis Tsipras, menyatakan dukungan pada pembahasan aksesi Turki ke Uni Eropa (UE). Bahkan, ia menyalahkan penundaan atas perundingan tersebut.

“Salah jika menunda perundingan aksesi Turki ke UE,” kata Tsipras, sebagaimana dilansir dari Yenisafak.com/ar, Senin (11/09/2017). Hal itu ia sampaikan dalam sebuah acara di kota Thessaloniki, Utara Yunani.

Tsipras juga menyebutkan peran penting yang dapat dimainkan Turki untuk skala regional. “Turki merupakan kekuatan regional yang penting, sekaligus juga penting bagi keamanan dan stabilitas Kawasan,” tegasnya.

Selain itu, Tsipras juga mengomentari pernyataan Kanselir Jerman, Angela Merkel, yang menyeru penghentian perundingan aksesi Turki. “Pernyataan Merkel dan pejabat lain di Eropa, sangat berbau politis,” katanya.

Pada awal September ini, Merkel menyebut Turki tidak pantas menjadi anggota UE. Bahkan, ia akan menggalang kekuatan untuk menghentikan perundingan terkait hal itu.

Berbeda dengan Merkel, Presiden Prancis Emmanuel Macron menyebut Turki sebagai mitra kunci bagi UE. Bahkan, ia sangat berharap tidak terjadi perpecahan antara Turki dengan UE. (whc/)

Sumber: Yenisafak Arabic, dakwatuna