OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 25 Oktober 2017

Pesan Din Buat Anies Agar Tak Terjerumus pada Kesalahan Gubernur Sebelumnya

Pesan Din Buat Anies Agar Tak Terjerumus pada Kesalahan Gubernur Sebelumnya

10Berita , Jakarta – Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin berpesan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, agar tak terjerumus pada kesalahan pemimpin sebelumnya.

Pesan pertama yang disampaikan Din adalah Anies harus istiqamah. “Pertama, tetap istiqamah sebagai pemimpin wilayah yang sangat khusus merupakan wilayah ibukota Indonesia,” ungkapnya di Gedung MUI, Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Karenanya, gubernur harus berada di atas dan didukung semua golongan. Menurut din Anies harus mengayomi seluruh elemen masyarakat, baik kepada pemilihnya maupun yang tidak memilihnya. Dengan demikian persatuan dan kebersamaan menjadi modal dalam pelaksanaan program-program.

“Kedua, agar pemerintah Jakarta yang sekarang tidak terjerumus pada kesalahan pemimpin sebelumnya, pemangku amanat tidak lain harus menjalankan amanat. Apa yang telah dijanjikan dalam kampanye harus betul-betul direalisasikan,” imbuhnya.

Din menambahkan Anies pun harus melanjutkan program gubernur sebelumnya yang baik, dan menjadikan yang terbaik di masa pemerintahannya. “Itu adalah kaidah usul fikih dalam umat Islam,” ujarnya.

Dengan demikian, gubernur baru tidak memulai semuanya dari nol dan tidak menegasikan kebaikan-kebaikan di masa lalu. “Saya kira kebaikan-kebaikan yang ditampilkan gubernur-gubernur Jakarta era lama, terutama beberapa yang terakhir ini tidak ada salahnya dilanjutkan,” pungkasnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Imam S.

Sumber :Kiblat.