OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 14 November 2017

Atasi Rambut Berminyak dengan Lemon dan Tomat

Atasi Rambut Berminyak dengan Lemon dan Tomat

  

10Berita - Sahabat Ummi, memiliki rambut berminyak tentulah sangat mengganggu ya, apalagi bagi para muslimah berhijab. Salah perawatan sedikit, yang ada rambut jadi bau, berketombe, rontok, dan muncul juga berbagai macam masalah rambut lainnya. Kalau udah begitu jadi nggak pede deh buat bersilaturahim sama teman-teman.

Bagi yang memiliki budget lebih dan waktu luang mungkin bisa melakukan perawatan rutin di salon atau membeli produk perawatan kulit kepala, namun bagaimana dengan ibu rumah tangga yang mungkin waktu dan budgetnya terbatas?

Tenang ... Karena kali ini Ummi akan membagikan beberapa tips alami yang bisa Sahabat Ummi coba di rumah. Apa saja ya?

1. Lemon

Lemon dipercaya memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah baik dugunakan untuk mengatasi masalah pada kulit kepala dan juga pada rambut.

Lemon mengandung banyak vitamin dan mineral  penting yang dapat berfungsi untuk meningkatkan kesehatan rambut. Sifat asam yang dimiliki lemon juga dapat dimanfaatkan untuk mengontrol sekresi minyak serta membantu menyeimbangkan tingkat pH pada kulit kepala.

Bahan: 

Dua buah lemon

Dua cangkir air bersih

Tiga sendok madu (opsional)

Cara membuat: Pertama, campurkan air perasan dua buah lemon  dengan dua cangkir air, serta tiga sendok teh madu (opsional). Aduk semua hingga rata. Dan masker lemon sudah siap digunakan.

Cara menggunakan:

Oleskan masker lemon tersebut pada kulit kepala dan rambut hingga merata sambil dipijat memutar selama beberapa menit. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 5-10 menit. Kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih.

Untuk hasil terbaik, ulangi maskeran rambut ini selama tiga kali dalam seminggu.

2. Tomat

Nggak cuma enak dimakan, tapi tomat ini juga bisa membantu mengatasi rambut berminyak lho. 

Sama seperti lemon, sifat asam yang dimiliki tomat juga dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH pada kulit kepala dan mengontrol sekresi minyak berlebih. Selain itu, tomat juga berfungsi untul menghilangkan bau tidak sedap. Cara membuatnya juga gampang.

Bahan:

2-3 buah tomat

1/2 sdt masker lumpur rambut (bisa dibeli di toko kosmetik atau toko yang menjual alat kecantikan)

Air secukupnya

Cara membuat: Pertama, hancurkan/blender tomat, tambahkan air jika perlu. Campurkan jus tomat yang sudah dihaluskan tersebut dengan satu sendok teh masker lumpur untuk rambut.

Cara menggunakan: 

Oleskan masker ini pada rambut serta kulit kepala hingga merata, tutup dengan topi mandi dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. bilas dengan air dingin sampai bersih. Lakukan cara ini satu atau dua kali seminggu.

Nah, gampang untuk dicoba kan? Semoga masalah rambut berminyakmu bisa segera teratasi ya.

Foto ilustrasi : Google

Sumber : Ummi Online