OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 04 November 2017

Beginilah Cara Muslimah Ketika Menghadapi Suatu Masalah

Beginilah Cara Muslimah Ketika Menghadapi Suatu Masalah


Manusia tidak luput dengan cobaan baik berupa kesusahan dan kesenangan. Firman Allah,

… وَنَبْلُوكُم بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

“… kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (sebenar- benarnya), dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.” (QS. Al- Anbiyaa’: 35)

Maka sebagai muslimah, kita tidak boleh putus asa dan menyerah begitu saja. Dengan keimanan dalam hati kita akan tetap melalui hidup dengan semangat.

Akan tetapi tidak salah bagi muslimah untuk menangis. Namun menangislah sewajarnya, jangan sampai kita terlarut dalam kesedihan. Dan hendaklah kita mengambil hikmah dari setiap cobaan tersebut.

Firman Allah,

مَا أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ ۗ وَمَن يُؤْمِن بِاللَّهِ يَهْدِ قَلْبَهُ ۚ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

“Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa (seseorang) kecuali dengan izin Allah; barang siapa beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan petujuk ke dalam hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. At- Taghaabun: 11)

Cobaan atau musibah dapat datang kapan saja. Bisa itu kehilangan, bencana alam, penyakit, atau yang lainnya. Inilah sikap muslimah saat menghadapi musibah:

Menyakini bahwa semua di dunia ini adalah milik Allah dan akan kembali kepada AllahHadapi semua dengan sabarBerdoalah kepada Allah meminta petunjuk dan kesabaranSelalu bersikap husnuzan (berbaik sangka) kepada Allah

Semoga bermanfaat ya ukhty.

Sumber: mediasi.me