OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 05 November 2017

Di Jakarta, Virus Laknat HIV AIDS Paling Banyak Ditularkan Oleh Pelaku Gay

Di Jakarta, Virus Laknat HIV AIDS Paling Banyak Ditularkan Oleh Pelaku Gay

10Berita – Pemerintah Provinsi DKI prihatin dengan kasus Taufik Gani, seorang pemuda 22 tahun yang ditangkap karena melakukan penyebaran dan ajakan bertindak asusila sesama jenis di media sosial.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto yang turut hadir dalam ekspose kasus tersebut menjelaskan, Jakarta menjadi peringkat kedua kasus HIV-Aids di Indonesia dengan jumlah sekitar 46 ribu HIV dan 8.769 pengidap Aids.

Data Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyatakan bahwa penyebaran virus laknat HIV AIDS di Jakarta telah mengalami pergeseran. “Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Aids di Jakarta disebabkan oleh hubungan sesama jenis,” terang Koesmedi Priharto.

“Dulu, akibat jarum suntik berganti-ganti, sekarang HIV yang tertinggi karena Lelaki Suka Lelaki (LSL). Mungkin, kalau perempuan lebih tertutup ya,” kata dia di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (3/11).

Koesmedi mencontohkan pada pengungkapan polisi dalam kasus penggerebekan Atlantis Gym di Kelapa Gading pada Mei lalu. Dari ratusan orang yang diamankan polisi, sepuluh orang dikirimkan ke dinas kesehatan untuk pemeriksaan HIV.

“Dari 100 lebih, dikirim ke kami sepuluh orang, delapannya positif (HIV),” ujar Koesmedi.

Kendari demikian, Koesmedi mengimbau agar para pengidap virus HIV-Aids tidak berkecil hati. Pasalnya, Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah menyiapkan fasilitas kesehatan untuk menangani virus mematikan itu. “Kami imbau di 44 puskesmas, 48 RS di DKI bisa memeriksa virus tersebut, termasuk RS Polri,” ujarnya.

Koesmedi juga mengimbau agar tidak perlu mengkhawatirkan terkait kerahasiaan identitas. Begitu juga, dengan biaya pengobatan karena akan ditangani secara gratis untuk HIV.

Pengobatan pada HIV, menurut Koesmedi, sudah cukup berkembang untuk menekan kembali para penderita agar kembali sehat dan dapat beraktivitas. Meski demikian, dia juga mengakui, belum ada yang bisa menyembuhkan secara total.

“Masih banyak orang beranggapan HIV karena hubungan seksual, jadi malu. Jadi, kami mohon kepada warga DKI apabila merasa takut ada terinfeksi hal tersebut datanglah ke puskesmas dan RS yang sudah bisa melakukan pemeriksaan dengan baik,” pungkasnya. (MT/Ram)


Sumber : Eramuslim