OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 06 November 2017

Mahfud MD Sebut Kasus Meme Novanto Pengalihan Isu dan Unjuk Kekuasaan

Mahfud MD Sebut Kasus Meme Novanto Pengalihan Isu dan Unjuk Kekuasaan

10Berita - Sikap Ketua DPR Setya Novanto melaporkan penyebar meme kritik terhadap dirinya jadi sorotan. Akibat laporan itu, Dyan Kemala Arrzzqi yang merupakan kader Partai Solidaritas Indonesia menjadi tersangka.

Pakar Hukum Tata Negara Mahfud MD menjelaskan, indikasi dari tindakan Novanto tersebut merupakan bentuk peringatan atas kekuasaan yang dimilikinya. Di sisi lain, ada peluang motif pengalihan isu utama, yaitu dugaan korupsi e-KTP.

"Saya enggak tahu banyak motif yang bisa digunakan. Yaitu warning jangan main-main kepada dia. Yang kedua bisa mengalihkan dari dia untuk isu utama dari isu yang ecek-ecek gitu. Kan itu delik aduah kan gitu. Delik aduan yang mungkin akan sulit pembuktiannya. Ini akan diproses gitu," kata Mahfud di sela seleksi bakal caleg di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Minggu (5/10).

Oleh karena itu, dia mengatakan jika Novanto pun siap untuk dikritik atas tindakan yang sudah dilakukannya tersebut. Hal itu dikarenakan sudah ada perhitungan keuntungan yang bakal didapatinya.

"Kritik enggak apa-apa. Saya kira dia melakukan itu sudah siap dikritik juga. Sudah diperhitungkan bahwa ini akan banyak kritik. Tapi mungkin dia akan lebih banyak mendapat keuntungan dari pada kritik dengan membuat itu," tambah mantan Ketua MK itu.

Keuntungan tersebut, menurut Mahfud, tak lain perhatian warga teralihkan dari kasus utama korupsi e-KTP menjadi kasus pelaporan terhadap penyebar meme.

"Taruhlah itu menjadi berita yang sensasional, perhatian orang kan tidak pada substansi yang apa yang diduga dia lakukan lalu berpindah ke soal itu atau soal pelaporan dan sebagainya," imbuh dia.

"Saya kira enggak terlalu penting meributkan laporan-laporan itu. Biarin aja enggak usah diberitakan selesai," ujar Mahfud.

Sumber : muslim-bersatu.net