OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 08 November 2017

Ulama dan Cendekiawan Muslim Internasional Serukan Kebangkitan Islam

Ulama dan Cendekiawan Muslim Internasional Serukan Kebangkitan Islam


10Berita - ISTANBUL,  Ulama Muslim dari seluruh dunia menggelar pertemuan Senin (06/11) di Istanbul, Turki.

Para Ulama dunia sepekat bahwa kerja-kerja harus dilakukan untuk memperkuat komunitas Muslim.

“Islam telah menyebar dari Jazirah Arab ke China, dari Samarkand ke Semenanjung India, Asia dan Eropa. Pada saat itu, Umayyah dan Muslim menjadi penguasa dunia dalam waktu yang sangat singkat. Kemudian kita harus mengembalikan umat ini kembali kepada hari-hari itu. Ini adalah janji kami kepada umat” pungkas Ketua Ikatan Ulama dan Cendekiawan Internasional, International Union of Muslim Scholars (IUMS), Syaikh Yusuf al-Qaradawi, dikutip dari Anadolu Ajensi.

Pertemuan ke-5 Dewan Pengawas (Board of Trustees) IUMS tersebut dihadiri oleh Syaikh Yusuf Qaradawi, Wakil Ketua Direktorat Urusan Agama Turki Selim Argun serta para ilmuwan, ulama dan cendekiawan lainnya dari seluruh dunia.

Para ulama dan cendekiawan membahas konflik di dunia Islam dan peran ulama Muslim dalam memecahkan permasalahan tersebut.

Konferensi Dewan Pengawas IUMS menyerukan kebangkitan komunitas Muslim.

Syaikh Yusuf Qardawi mengatakan bahwa para ulama dan cendekiwaan muslim harus berusaha membuat komunitas Muslim kuat kembali.

“Jika kita meringkas pesan Nabi Muhammad dalam satu kata, kita akan mengatakan itu adalah “rahmat”. Rahmat untuk semua ciptaan,” ungkapnya.

Ia menambahkan para ulama yang memikul pesan-pesan Islam harus membuka jalan bagi umat dan senantiasa membawa mereka dalam kemajuan dan perkembangan.

Dalam deklarasi penutuptemuan ke-5 IUMS di Istanbul, IUMS menyampaikan apresiasinya terhadap kemajuan sejak awal, serta menyerukan kelanjutan pesan akademis, ilmiah, penyadaran dan inovatif untuk komunitas Islam.[IZ]

Sumber : Panjimas