OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 10 Desember 2017

Amankan Data Smartphone Anda yang Hilang dengan Cara Ini!

Amankan Data Smartphone Anda yang Hilang dengan Cara Ini!

10Berita , Jakarta – Smartphone atau telepon genggam membawa sejumlah besar data pribadi termasuk riwayat dan rincian pesan, foto, dan informasi rahasia lainnya. Kehilangan perangkat tersebut tentunya dapat membuat kerugian finansial dan kekayaan intelektual.

Oleh karena itu, beberapa alat dan metode yang berbeda dirancang untuk meminimalisir risiko karena kehilangan smartphone, di antaranya dapat menghapus data dari jarak jauh. Metode ini bisa sangat berguna, terutama jika konten yang tersimpan di smartphone bersifat rahasia.

Disalin dari Appolicious.com, Sabtu (09/12/2017), artikel di bawah ini membahas bagaimana pengguna dapat menghapus data pada smartphone mereka di mana pun tempatnya.

Perangkat Apple

Untuk menghapus data dari iPhone dari jarak jauh, hal pertama yang perlu dilakukan pengguna adalah masuk ke akun iCloud di komputer desktop dan kemudian masuk ke Find My iPhone, sama dengan yang terdapat dalam versi mobile.

Setelah mengklik icon tersebut, pengguna memiliki berbagai pilihan seperti melacak iPhone/ iPad atau untuk menghapus data yang ada di telepon. Jika melacak dan menemukan perangkat bukan menjadi pilihan yang mungkin, pengguna kemudian dapat meng-klik tombol Erase Data (Hapus Data) agar pabrik dapat me-restart telepon dari lokasi manapun.

Mengenai hal ini, sangat disarankan agar pengguna sering mencadangkan perangkat mereka di iTunes, sehingga mereka memiliki salinan data telepon jika tidak ada yang hilang. Selanjutnya, menyiapkan aplikasi Find My iPhone dapat membantu meningkatkan kemungkinan untuk menemukan perangkat, sehingga bisa diambil atau dihapus datanya sekalipun.

Perangkat Android

Mirip dengan perangkat Apple, proses penghapusan data dari ponsel Android jarak jauh bisa dilakukan melalui website desktop. Untuk mengaktifkan ini dari jarak jauh, pengguna terlebih dulu harus mengaktifkan pengaturan tersebut di telepon. Untuk melakukannya, buka Google Settings(different than the settings app) -> Android Device Manager -> select Allow Remote Lock.

Dengan mencentang kotak tersebut, pengguna dapat menghapus semua konten dari perangkat mereka dari jarak jauh dan juga menemukan ponsel melalui GPS. Setelah kotak ini dicentang, fitur keamanan harus diaktifkan. Caranya dengan masuk ke aplikasi Settings app -> Security -> Phone Administrator -> and then checking Android Device Manager.

Setelah itu selesai, kunjungi Android Device Manager website (Situs Pengelola Perangkat Android). Setelah itu log in dengan akun yang Anda pakai untuk perangkat tersebut. Nantinya Anda dapat melakukan berbagai tindakan seperti menemukan perangkat, menelepon telepon, atau menghapus semua data yang tersimpan.

Metode yang digariskan dalam artikel ini setidaknya dapat menjadi langkah keamanan terakhir dengan hal menghapus data mobile. Hal itu untuk memastikan bahwa data rahasia yang tersimpan di ponsel Anda tidak bisa diakses orang lain meski telepon hilang.

Untuk alasan ini, penting untuk melakukan tindakan proaktif lainnya seperti memasang kunci pada telepon dan mengaktifkan fitur yang memungkinkan akses jarak jauh ke perangkat. Tujuannya agar bisa menghapus memori ponsel dari jarak jauh, meski perangkat hilang, selain menghalangi orang lain mengakses data pribadi Anda.

Sumber: Appolicious.com
Editor: M. Rudy

 Sumber : Kiblat.