OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 10 Desember 2017

Beginilah Yerusalem di Tangan Pemerintahan Islam pada Masa Umar bin Khattab

Beginilah Yerusalem di Tangan Pemerintahan Islam pada Masa Umar bin Khattab

10Berita - PENAKLUKKAN Jerusalem pada masa pemerintahan Umar bin Khattab di tahun 637 M benar-benar peristiwa yang sangat penting dalam sejarah Islam.

Setelah Jerusalem dikuasai oleh umat Islam, Khalifah Umar bin Khattab segera menata kembali kota suci itu dan menjadikannya kota penting bagi umat Islam. Bersama para tentaranya dan dibantu beberapa orang Yahudi, Umar membersihkan wilayah tersebut kemudian merenovasi komplek Masjid al-Aqsha al haram al sharif of jerusalem.

Umar memerintahkan agar area Kuil Sulaiman –area tempat Nabi berangkat menuju sidratul muntaha- dibersihkan dari sampah-sampah yang dibuang orang-orang Kristen untuk menghina orang Yahudi.

Selanjutnya, di masa pemerintahan Umar dan masa kekhalifahan Bani Umayyah Jerusalem menjadi kota pusat ziarah keagamaan dan perdagangan.

Pada tahun 691 M, Dome of Rock (Qubatu Shakhrah) dibangun di komplek tersebut untuk melengkapi pembangunan al-haram asy-syarif. Menyusul kemudian pembangunan  masjid-masjid lainnya dan institusi-instusi publik di penjuru kota suci ini.

Selama 462 tahun wilayah Yerusalem terus menjadi daerah kekuasaan Islam dengan jaminan keamanan memeluk agama dan perlindungan terhadap kelompok minoritas berdasarkan pakta yang dibuat Umar ketika menaklukkan kota tersebut.

Pada tahun 2012, ketika konflik Palestina kian memuncak, banyak umat Islam, Yahudi, dan Kristen menuntut diberlakukannya kembali akta tersebut dan membuat poin-poin perdamaian yang merujuk pada akta itu untuk sebagai solusi konflik antara umat bergama di sana. []

 

sumber: Islamic History,  Islampos.