OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 15 Desember 2017

Enggan Segera Pindahkan Kedubes ke Yerusalem, Menlu AS Diancam Ini

Enggan Segera Pindahkan Kedubes ke Yerusalem, Menlu AS Diancam Ini

10Berita - WASHINGTON—Meski Presiden AS Donald Trump menyatakan akan segera memindahkan kedutaan besarnya dari Tel Aviv ke Yerusalem dalam waktu dekat, namun Menteri Luar Negeri Rex W. Tillerson malah menyatakan sebaliknya. Rex menyatakan pemindahan kantor tersebut tidak akan dilakukan segera, namun kerangka waktunya paling lambat 2020.

“Saat ini belum akan terjadi apa-apa. Kemungkinan besar paling cepat tiga tahun, dan itu pun sangat ambisius,” kata Rex seperti dikutip dari New York Times, Rabu (13/12/2017).

Trump sendiri secara resmi telah mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada pekan lalu. Trump tidak menandatangi memo yang membuatnya bisa menangguhkan pemindahan kedubes AS di Israel ke Yerusalem, hal itu menandakan bahwa dirinya ingin segera memindahkan kedubesnya itu.

Akan tetapi para pejabat pemerintahan AS mengatakan ada alasan fungsional dan logistik yang menyebabkan Paman Sam tidak bisa membuka kedubes baru di Yerusalem dalam waktu dekat ini.

Rex Tillerson yang pernah mencaci Trump dengan kata-kata “moron”, saat ini terancam dipecat oleh Trump. Kabarnya Rex bakal digantikan Mike Pompeo, mantan anggota Kongres yang kini menjadi direktur CIA. []

Sumber : Islampos.