OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 11 Desember 2017

Puluhan Ribu Kader PKS Gelar Aksi Bela Palestina

Puluhan Ribu Kader PKS Gelar Aksi Bela Palestina


muhammad abdus syakur/hidayatullah.com

[Ilustrasi] Umat Islam di Indonesia dalam aksi solidaritas mendukung kemerdekaan Palestina.

10Berita – Puluhan ribu kader dan simpatisan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dari wilayah Jabodetabek menggelar Aksi Bela Palestina bertempat di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Ahad (10/12/2017).

Sekjen PKS Mustafa Kamal mengatakan, aksi menyuarakan protes keras terhadap keputusan Presiden AS Donald Trump yang mengakui Baitul Maqdis (Al-Quds) sebagai ibu kota Israel itu tidak hanya di Jakarta, tetapi juga di kota-kota besar se-Indonesia.

Baca: Ratusan Warga NU Gelar Aksi Damai Depan Kedubes AS


Ia mengatakan, keputusan Trump tersebut tidak saja menagabaikan hukum internasional, bahkan juga aspirasi rakyat AS sendiri.

“Trump menjatuhkan dirinya sendiri. Menistakan Amerika, dan melanggar nilai-nilai kemanusiaan universal,” ujarnya di panggung orasi.

Bangsa Indonesia, terang Kamal, sejak dulu kala dalam arsip-arsip yang tersebar telah berjuang terdepan untuk kemerdekaan Palestina. Seperti dalam Konferensi Asia Afrika tahun 1955.

“Hari ini kita juga terdepan dalam membela kemanusiaan, setelah sebelumnya soal Rohingya. PKS bersama seluruh komponen bangsa menuntut Trump agar mencabut kembali pernyataannya mengakui Yerusalem (Al-Quds Asy-Syarif) sebagai ibu kota Israel,” paparnya.

Ia berharap, gelombang protes di seluruh dunia terhadap keputusan Trump menjadi gelombang protes khususnya di AS sendiri, yang mungkin dengan itu juga menjadi kejatuhan Trump.

Aksi tersebut juga dihadiri oleh Presiden PKS Muhammad Sohibul Iman, Ketua Adara Relief Nurjanah Hulwani, Ketua Umum Matlaul Anwar KH Sadeli Karim, Ketua Umum PUI KH Nazar Haris, dan dimeriahkan grup nasyid Ruhul Jadid.*

Sumber : Hidayatullah.com