OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 22 Desember 2017

Saraf Terjepit, Bagaimana Mengatasinya?

Saraf Terjepit, Bagaimana Mengatasinya?

  

10Berita - Menderita saraf terjepit tentunya sangat menyakitkan dan menganggu aktivitas sehari-hari. Biasanya kondisi ini terjadi di bagian lengan, leher, punggung, dan di bagian tubuh lainnya.

Istilah saraf terjepit sebenarnya tidak ada dan tidak berasal dari dunia medis, melainkan berasal dari kaum awam yang sering digunakan untuk menunjukkan adanya suatu kerusakan dan cedera yang menyerang saraf atau pada jaringan saraf. Saraf terjepit biasanya terjadi ketika jaringan yang berada di sekelilingnya, seperti tendon, tulang, tulang rawan atau otot lainnya yang terjebak dan mendapatkan tekanan secara tak wajar di bagian sarafnya. Ada beberapa cara untuk mengatasi saraf terjepit, baik saraf di bagian tubuh atas maupun bawah, yaitu sebagai berikut:

1. Tidur Cukup

Cara ini adalah salah satu cara alami yang bisa Sahabat Ummi lakukan untuk menyembuhkan saraf terjepit. Mengistirahatkan tubuh lebih lama adalah solusi yang baik, karena akan mengurangi rasa nyeri pada saraf terjepit. Tidurlah dua jam lebih lama dari biasanya agar kerusakan pada saraf dapat diperbaiki.

2. Gunakan Minyak Esensial

Sahabat Ummi bisa menggunakan minyak esensial untuk menyembuhkan saraf terjepit, seperti minyak zaitun, kamomil, cendana, lavender, atau peppermint. Jenis-jenis minyak inilah yang efektif dalam menyembuhkan rasa sakit di bagian saraf. Mengombinasikan dua jenis minyak juga diperbolehkan. Cara menggunakannya cukup sederhana, cukup oleskan ke bagian yang sakit, lalu gosoklah serta beri pijatan pelan di area tersebut.

3. Gunakan Kayu Manis dan Madu

Kombinasi kayu manis dan madu dapat menyembuhkan saraf terjepit. Menggabungkan keduanya akan membuat rasa sakit berkurang dan memudar perlahan. Kamu bisa membuat pasta dari dua bahan ini dengan menyediakan secangkir madu ditambah kayu manis. Campurlah hingga mengental. Setelah sudah jadi, aplikasikanlah ke bagian yang terasa nyeri, lalu diamkan 10 menit. Berhati-hatilah karena efek samping dari kombinasi ini ialah sensasi panas pada kulit.

4. Gunakan Kentang

Selain dapat dimasak, kentang juga dapat dijadikan obat herbal bagi saraf yang terjepit. Penyembuhan dengan kentang dapat dipercaya khasiatnya dengan mengaplikasikan jus dari kentang mentah pada bagian tubuh yang terserang. Jika jus yang diaplikasikan sudah mengering, segeralah bilas dengan air bersih. Biasanya penyembuhan ini dikhususkan bagi yang terkena saraf terjepit pada bagian leher.

5. Memijat

Memijat merupakan solusi terbaik yang bisa dilakukan pada anggota tubuh yang terkena saraf terjepit. Bila tidak ada orang terdekat yang mampu memijat, Sahabat Ummi bisa memanggil tukang pijat yang sudah ahli dan terpercaya. Pemberian tekanan di bagian saraf yang terjepit tersebut akan menurunkan rasa nyeri. Rasa tegang berlebih pada saraf tersebut juga dapat dibantu untuk lebih reda. Seluruh tubuh dapat dipijat, asalkan tidak terlalu keras. Efeknya akan sangat nyaman dan membuat otot mampu terasa rileks dan bagian yang terjepit pun akan menjadi lebih lemas. Jangan mencoba untuk memijat jaringan dalam secara intens atau kondisi saraf terjepit dapat memburuk.

Demikianlah cara mengatasi saraf terjepit yang dapat Sahabat Ummi terapkan. Kunci dari penyembuhan ini ialah istirahat yang cukup. Tidak lupa juga untuk melatih fisikmu agar tidak menjadi kaku karena jarang digerakkan. Semoga bermanfaat. (Dina Nazhifah)

Sumber: halosehat.com ,Ummi Online

Ilustrasi: google