OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 20 Desember 2017

Sumbangan Arsitektur Islam untuk India

Sumbangan Arsitektur Islam untuk India

10Berita ,Oleh Marniati 

Arsitektur India mulai mengalami perubahan bentuk dengan munculnya pemerintahan Islam di India menjelang akhir abad ke-12. Arsitektur India diperkenalkan dengan elemen baru yang meliputi penggunaan bentuk, seni inskripsi menggunakan huruf dekoratif atau kaligrafi, penggunaan marmer berwarna, dicat plester dan ubin berwarna cerah mengilap.

Masjid Quwwat-ul-Islam dibangun pada 1193 merupakan masjid pertama yang dibangun di anak benua India. Masjid ini kini tercatat sebagai situs warisan dunia UNESCO di Delhi. Arsitektur Islam di India dibagi menjadi dua bagian, yakni agama dan sekuler. Masjid dan makam mewakili arsitektur religius, sementara istana dan benteng adalah contoh dari arsitektur Islam sekuler.

Benteng memiliki kegunaan yang fungsional. Beberapa dilengkapi degan bangunan kecil di dalamnya. Ada juga benteng yang digunakan untuk mengusir musuh. Di antara bangunan-bangunan megah sumbangan mahakarya peradaban Islam itu adalah sebagai berikut : 

Taj Mahal 

Taj Mahal dibangun atas perintah kaisar Mughal Shah Jahan. Kaisar Mughal memerintah pada 1628-1658. Dan merupakan kaisar yang kaya pada masa kejayaannya.

Taj Mahal dibangun di Agra, India. Kaisar Mughal membangun Taj Mahal sebagai sebuah musoleum (monumen makam) untuk istrinya yang berasal dari Persia, yaitu Arju- mand Banu Begum yang dikenal juga sebagai Mumtaz Mahal atau Mumtaz-ul-Zamani.

Taj Mahal ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1983 untuk menjadi permata seni Muslim di India dan salah satu karya yang dikagumi dunia.

Masjid Makkah

Masjid Makkah adalah salah satu masjid tertua di Hyderabad. Masjid Makkah juga merupakan masjid terbesar di India. Masjid ini dibangun pada masa Dinasti Qutb Shahi. Muhammad Quli Qutb Shah, penguasa kelima dari Dinasti Qutb Shahi, meminta agar batu bata untuk masjid dibuat dari tanah yang dibawa dari Makkah. Untuk itu, masjid ini diberi nama Masjid Makkah.

Lebih dari 8.000 pekerja dipekerjakan untuk membangun masjid. Muhammad Quli Qutb Shah pribadi meletakkan batu fondasi. Konstruksi masjid kemudian diselesaikan oleh kaisar Mughal Aurangzeb setelah menaklukkan Hyderabad.

Gol Gumbaz

Gol Gumbaz adalah makam Muhammad Adil Shah, Sultan Bijapur. Makam, terletak di Bijapur, Karnataka di India. Pembangunan selesai pada 1656 oleh arsitek Yaqut dari Dabul. Nama Gol Gumbaz berasal dari gol gombadh yang berarti kubah melingkar. Gol Gumbaz dibangun sesuai dengan arsitektur Deccan.

Benteng Lahore (Lahore Fort) yang terletak di Punjab, Pakistan, termasuk salah satu mahakarya arsitektur Dinasti Mughal. Bangunan kuno yang didirikan semasa pemerintahan Sultan Akbar ini memiliki panjang 426,7 meter dan lebar 340 meter.

Beberapa situs terkenal yang berada di dalam kompleks benteng ini, antara lain Sheesh Mahal, Gerbang Alamgiri, Paviliun Naulakha, dan Masjid Moti. Benteng Lahore ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1981.

Sumber : Republika.co.id