OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 07 Januari 2018

Gunakan ini, Tikus Tak Akan Mau Mengunjungi Rumah Anda

Gunakan ini, Tikus Tak Akan Mau Mengunjungi Rumah Anda


sumber: lintangsore.com

10Berita, Tikus merupakan salah satu hewan pengerat yang kerap kali ada di rumah. Sekali ada tikus di dalam rumah lama-lama jumlahnya akan semakin banyak. Selain baunya yang menganggu, tikus kerap kali memakan bahan-bahan makanan yang kita simpan.

Jika di rumah UCers banyak tikus, jangan bingung. Banyak bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengusir tikus dengan mudah. Yuk simak!

1.    Bubuk lada

<i>sumber: kantorberitaindonesia.com</i>

Bubuk lada ini ternyata memiliki banyak manfaat. Selain dapat digunakan untuk mengusir semut ternyata juga dapat digunakan untuk mengusir tikus lho. Hali ini karena lada mengandung senyawa yang disebut piperin yang membuatnya beraroma menyangat dan tidak disukai oleh tikus. Caranya mudah, cukup taburkan bubuk lada di sudut-sudut rumah atau tempat yang biasa disinggahi tikus. Bisa juga ditaburkan di jalan yang sering dilalui tikus.

2. Daun salam

<i>sumber: manfaat.co.id</i>

Ternyat tikus takut dengan daun salam karena aromanya. Selain itu jika secara tidak sengaja termakan oleh tikus maka tikus bisa mati. Letakkan daun salam di tempat-tempat yang sering disinggahi tikus maka tikus akan pergi dengan sendirinya.

3. Cengkeh

<i>sumber: solusisehatku.com</i>

Aroma cengkeh sangat tidak disukai oleh tikus. Cengkeh yang digunakan adalah sengkeh bubuk karena aromanya lebih menyengat. Taburkan bubuk cengkeh di area yang disenangi tikus maka tikus akan pergi dengan sendirinya.

Jika ingin lebih cepat maka gunakan minyak cengkeh. Caranya mudah tinggal beri minyak cengkeh pada kapas kemudian taruh kapas di area tikus bersembunyi.

4. Baking soda

<i>sumber: goutandyou.com</i>

Baking soda juga ampuh digunakan untuk mengusir tikus. Taburkan baking soda pada makan untuk memancing tikus. Jika baking soda termakan oleh tikus maka perutnya akan kembung karena baking soda menghasilkan udara. Sedangkan, tikus tidak bisa muntah atau bahkan bersendawa sehingga lama-kelamaan dia akan mati.

5. Daun mint

<i>sumber: heatherdane.com</i>

Gunakan daun mint untuk mengusir tikus karena ia tidak suka dengan aroma mint yang menyengat. Jika tikus menghirup aroma mint maka ia akan mabuk dan lemas tak berdaya. Cara penggunaannya mudah tinggal hancurkan daun mint dengan blender kemudian taruh wadah dan semprotkan pada daerah yang rawan tikus.

Selain daun mint juga bisa menggunakan minyak peppermint. Caranya celupkan kapas ke dalam minyak pepermint kemudian letakkan di sudut-sudut rumah anda.

6. Kulit durian

sumber: durenjawara.com

Jika rumah banyak tikus, sehabis makan durian jangan buru-buru untuk membuangnya. Kulit durian ini juga dibenci tikus. Bukan karena durinya yang tajam tapi karena baunya yang menyengat.

7. Irisan bawang merah

<i>sumber: dream.co.id</i>

Bawang merah juga tidak disukai tikus karena aromanya yang menyengat. Jadi letakkan irisan bawang merah di daerah yang rawan tikus maka tikus akan pergi dengan sendirinya.

Selamat mencoba UCers. Kita manfaatkan bahan-bahan alami yang ada di dapur untuk mengusir tikus yang mengganggu.

Sumber:

Health.liputan6.com/read/2630246/14-cara-mudah-usir-tikus-rumah-tanpa-racun