OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 29 Januari 2018

Inilah 4 Negara yang Dikunjungi Habib Rizieq Selama Tak Berada di Tanah Air

Inilah 4 Negara yang Dikunjungi Habib Rizieq Selama Tak Berada di Tanah Air


Foto: Oke Zone

10Berita, PIMPINAN Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizeq Shihab tercatat meninggalkan tanah air sejak April 2017. Selama tak berada di Indonesia,  apa saja kegiatan Habib Rizieq di luar negeri?

Meski masih terbelit kasus hukum dengan kasus kepolisian, Habib Rizieq tak berhenti dari kegiatan berdakwah, baik di luar maupun di dalam negeri. Ia juga masih aktif berdialog dengan tokoh-tokoh penting saat melakukan safari di luar negeri.

Tercatat setidaknya ada 4 negara yang dikunjungi Habib Rizieq dalam kurun waktu 9 bulan kepergiannya dari tanah air. Negara mana saja kah?

Berikut ini 4 negara yang dikunjungi dan kegiatan yang dilakukannya selama tak berada di tanah air:

1. Malaysia

Di Malaysia, Habib Rizieq menyelesaikan disertasi program doktoralnya di Universitas Sains Islam Malaysia (USIM), Nilai, Negeri Sembilan. Saat itu pihak kepolisian yang tengah mencarinya menduga bahwa ia berada di Mekah , Arab Saudi.

“Habib tidak kemana-mana, ada di Malaysia, di Kuala Lumpur,” kata pengacara Rizieq Shihab Kapitra Ampera, Jumat (12/5/2017).

Pengacaranya juga menyebutkan bahwa keberadaan Habib Rizieq di Malaysya memang terkait program Doktoral yang sedang ditempuhnya.

“Deadline-nya harusnya 2015, tapi pihak universitas memberikan batas waktu hingga Januari 2018,” kata Kapitra.

2. Arab Saudi

Habib Rizieq cukup lama bearada di Arab Saudi. Ia mendapatkan visa khusus dari pemerintah Arab Saudi yang memungkinkannya bisa keluar masuk negara tersebut kapan saja.

Selain melakukan ibadah umroh, Habib Rizieq juga tetap melakukan kegiatan dakwah baik di wilayah Arab Saudi sendiri maupun tanah air. Meski berada di luar negeri, Habib Rizieq tidak putus kontak dengan umat muslim di Indonesia.  Dalam beberapa kesempatan acara keagamaan di tanah air, Habib Rizieq kerap mengirimkan rekaman suara yang mewakili kehadirannya dalam beberapa aksi seperti saat aksi reuni 212 dan bela Palestina.

Dia juga tetap menjalin silaturahmi dengan berbagai tokoh, baik di Arab Saudi maupun tokoh Indonesia, seperti Amien Rais, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Ustad Abdul Somad, dan Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lunggana atau yang akrab disapa Haji Lulung. Mereka bertemu Habib Rizieq di Arab Saudi.

3. Yaman

Habib Rizieq memang memiliki keturunan Yaman. Anak dan menantunya juga tinggal di Yaman. Bahkan, cucunya lahir di Yaman.

Kunjungannya ke negara tersebut pun tak lepas dari silaturahmi dengan keluarganya. Selain itu, Habib Rizieq juga menemui gurunya yang bermukim di sana.

Di Yaman, Habib Rizieq juga tak lepas dari kegiatan dakwah. Ia sempat mengisi sebuah seminar, Rabu 5 Juli 2017 lalu di negara tersebut.

Acara tersebut merupakan halalbihalal dan seminar kebangsaan yang bertemakan “Wawasan Kebangsaan NKRI”. Acara tersebut dihadiri pelajar Indonesia yang tinggal di Yaman.

4. Turki

Di Turki, Habib Rizieq melakukan rekreasi bersama keluarga. Fotonya sempat beredar beberapa waktu lalu.

Keberadaan Habib Rizieq di Turki itu dibenarkan oleh pengacaranya.

“Wisata, melihat peninggalan zaman Utsmani,” ucap Sugito Atmo Pawiro, Sabtu (13/1/2018).

Habib Rizieq dikabarkan akan kembali ke tanah air pada 21 Februari 2018 mendatang. []

Sumber : Liputan6.com