OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 12 Januari 2018

Yuk Jaga Tulang Kita dengan Olahraga Ini

Yuk Jaga Tulang Kita dengan Olahraga Ini
  

10Berita, Menjaga kesehatan tulang adalah hal yang penting, agar kita bisa tetap bergerak aktif tanpa ada gangguan atau rasa nyeri. Berikut beberapa jenis olahraga untuk menjaga tulang kita tetap sehat.

Berjalan Kaki

Olahraga ringan yang satu ini ternyata baik untuk kesehatan tulang kita, Sahabat Ummi. Dengan melakukan olahraga berjalan kaki, Sahabat Ummi dapat terhindar dari penyakit osteoporosis. Karena penyakit osteoporosis disebabkan oleh penipisan tulang sehingga tulang menjadi keropos dan rentan patah karena rapuh. Dengan berjalan kaki, artinya kita membangun dan mempertahankan tulang agar lebih kuat.

Berjalan kaki sebaiknya dilakukan selama 30 menit dalam sehari. Namun, agar tubuh Anda tidak kaget, sebaiknya berjalan kaki dilakukan selama 10 hingga 15 menit dalam sehari sebagai awalan.

Jogging

Tidak hanya murah dan mudah dilakukan, ternyata jogging dapat membantu memperkuat dan meningkatkan kepadatan tulang dan sendi. Risiko osteoporosis pun menurunakibat dari peningkatan aliran darah yang terjadi saat berlari sehingga melancarkan distribusi nutrisi bagi pertumbuhan sel tulang sehingga menjadi lebih aktif.

Mendaki

Seperti halnya berjalan kaki, berjalan mendaki ke atas juga dapat meningkatkan kepadatan tulang kita agar terhindar dari osteoporosis dan juga dapat memperkuat otot.

Latihan Angkat Beban

Olahraga mengangkat beban akan membuat otot dan tulang bekerja keras yang berguna untuk mempertahankan kepadatan tulang, Lakukan latihan beban minimal seminggu 2 kali untuk tulang yang kuat.

Menari

Ternyata menari dapat menjaga kesehatan tulang, lho Sahabat Ummi. Gerakan pemanasan yang dilakukan sebelum menari dan gerakan-gerakan dari tarian akan membantu Sahabat Ummi untuk melemaskan semua persendian dan otot-otot yang terdapat dalam tubuh. Selain itu, gerakan-gerakan tersebut juga akan membantu agar tulang menjadi lebih kuat.

Itulah beberapa olahraga yang bagus untuk kesehatan tulang. Cukup mudah bukan? Usahakanlah untuk rutin berolahraga minimal 30 menit setiap harinya. Tak hanya untuk tulang saja, olahraga juga dapat membantu melatih kekuatan dan koordinasi otot, sendi, keseimbangan tubuh, dan penting untuk kesehatan jantung.(Cucu Rizka Alifah)

Sumber: hellosehat(dot)com, alodokter(dot)com dan berbagai sumber
Ilustrasi: Google