OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 15 Februari 2018

Freeport Tak Bangun Pabrik Pemurnian Mineral dan Smelter

Freeport Tak Bangun Pabrik Pemurnian Mineral dan Smelter

10Berita , Jakarta – Pabrik pemurnian mineral atau smelter merupakan salah satu syarat yang diajukan oleh pemerintah Indonesia untuk perpanjangan operasi Freeport. Meski sudah memasuki tahun ketujuh semenjak Freepot mengatakan akan membangun Smelter, janji itu tak kunjung terealisasi.

Hal ini diungkapkan oleh anggota Komisi VII DPR-RI, Eni Maulani Saragih dalam acara Ngopi Ngrumpi yang diselenggarakan oleh Komnas RIM pada Selasa (13/02/2018) di Jl. Veteran I, Jakarta pusat.

Eni mengatakan, Komisi VII DPR bahkan telah dua kali melakukan kunjungan kerja. Akan tetapi, proses pembangunan Smelter sama sekali belum berjalan. Bahkan proses perizinan juga belum dilakukan.

“Belum ada izin pembangunan kepada pemerintah setempat juga, paling cuma FS dari pihak Freeport. Kita menuntut pembangunan smelter karena itu merupakan amanat Undang-Undang,” ujar kata Eni Maulani.

Eni mengungkapkan, setiap pihak Freeport ditagih atas pembangunan smelter, malah menagih balik agar perpanjangan operasi. “Ini seperti telur dan ayam, membingungkan,” ujar Eni.

Belum adanya progress pembangunan smelter juga diakui oleh Executive Vice President PT.Freeport Indonesia, Tony Wenas. Ia menjelaskan bahwa Freeport baru bisa mulai membangun smelter tersebut jika kesepakatan dengan pemerintah terkait divestasi dan kesepakatan perpanjangan kontrak sudah disepakati.

Reporter: Qoid
Editor: Syafi’i Iskandar

Sumber :Kiblat.