OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 19 Februari 2018

PM Polandia: Yahudi Juga Merupakan Pelaku Kejahatan dalam Perang Dunia II

PM Polandia: Yahudi Juga Merupakan Pelaku Kejahatan dalam Perang Dunia II


pm polandia Foto: google Images

10Berita, POLANDIA— Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki menyebut bahwa, orang-orang Yahudi juga merupakan pelaku kejahatan dalam Perang Dunia II. Pernyataan tersebut ia utarakan saat melakukan wawancara dengan jurnalis asal Israel, Ronen Bergman.

Pertanyaan jurnalis Israel yakni, Morawiecki ditanya apakah undang-undang baru di Polandia akan menghukum mereka yang bercerita tentang kekejaman Nazi terhadap Yahudi dan Khususnya bila bercerita orang-orang Polandia yang bekerja sama dengan rezim Nazi dan memberikan informasi mengenai lokasi orang-orang Yahudi selama Perang Dunia II.

Morawiecki menuturkan, bahwa tidak akan ilegal jika ada orang yang menceritakan mengenai kejahatan yang dilakukan oleh orang Polandia, karena menurutnya hampir semua pihak memiliki sosok yang jahat, termasuk dari sisi Yahudi.

“Tidak akan ilegal untuk mengatakan cerita seperti ada pelaku kejahatan dari Polandia, karena ada pelaku kejahatan dari sisi Yahudi. Karena ada pelaku dari Rusia dan juga pelaku dari Ukraina, tidak hanya mereka yang berasal dari Jerman,” ujarnya, pada Ahad (18/02/2018) kemarin.

Hal ini diprediksi akan semakin meningkatkan ketegangan dengan Israel. Ketegangan antara Polandia dan Israel muncul dikarenakan undang-undang kontroversial, yang mengkriminalkan pernyataan yang menuduh Polandia terlibat dalam Holocaust dan propaganda ideologi nasionalis Ukraina. []

SUMBER: SPUTNIK