OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 04 Maret 2018

10 Minuman Manis yang ‘Beresiko’ karena Kelebihan Gula (2)

10 Minuman Manis yang ‘Beresiko’ karena Kelebihan Gula (2)


Foto: Bellavita Pizzeria

10Berita, TERLALU banyak gula bisa meningkatkan risiko diabetes dan jumlah lemak di hati. Tak cuma itu, gula juga berkontribusi besar terhadap kenaikan berat badan, dan kerusakan pada gigi.

Faktanya, sekitar 40 persen gula tambahan yang dikonsumsi orang Amerika ternyata berasal dari minuman manis. Minuman manis ini ternyata banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari dan jadi konsumi yang umum di masyarakat. Apa saja?

Berikut ini lanjutan ulasannya:

6. Susu yang berasal dari tumbuhan

Susu yang berasal dari tumbuhan seperti susu kedelai atau susu almond mengandung jumlah protein yang tinggi. Walau begitu, kebanyakan susu kemasan yang dijual ini sudah ditambahkan dengan begitu banyak gula dan perasa lainnya.

Padahal, satu gelas susu coklat yang berasa dari tumbuhan bisa mengandung jumlah gula yang sama dengan satu genggam kue.

7. Air tonik

Air tonik adalah jenis minuman berkarbonasi yang mengandung kina sehingga rasanya agak pahit. Awalnya, air tonik dibuat untuk mengobati malaria.

Air tonik juga sering ditambahkan ke gin untuk membuat cocktail. Walaupun berkhasiat mengobati penyakit malaria, air tonik yang ada hari ini tidak jauh lebih sehat dari campuran minuman alkohol lainnya.

Satu gelas air tonik mengandung 124 kalori dan 32 gram gula, yang setara dengan 8 sendok teh gula.

8. Minuman kopi

Berdasarkan studi, kopi memang memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Namun jika jenis kopi yang diminum adalah kopi manis dengan tambahan krim, serbuk coklat dan susu, tentu dampak negatif melebihi manfaat positifnya.

Satu gelas mocha frappuccino dari gerai kopi bahkan mengandung 61 gram gula. Jumlah gula sebanyak ini bisa memenuhi sepertiga gelas bila dituang langsung tanpa air.

9. Minuman olahraga

Rata-rata minuman olahraga mengandung 50 gram gula. Memang, gula dapat berguna bagi mereka yang sedang berolahraga berat. Namun jika kegiatan sehari-hari hanya duduk di meja kantor, jumlah gula sebanyak ini lebih banyak dampak negatifnya.

10. Air mineral dengan tambahan rasa

Beberapa air mineral dengan tambahan vitamin dan mineral juga mengandung tambahan gula. Satu botol kemasan air jenis ini bisa mengandung hingga 30 gram gula. []

Sumber : HEALTH, Islam pos