OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 26 April 2018

11 Penyakit Bisa Dicegah Dengan Minum Air Putih Hangat, Tidak Dicoba Rugi Besar!

11 Penyakit Bisa Dicegah Dengan Minum Air Putih Hangat, Tidak Dicoba Rugi Besar!

Air hangat dengan irisan lemon (foto: shutterstock.com)

10Berita, Suatu hari, saya merasakan pegal-pegal di seluruh badan. Persendian, khususnya di pergelangan tangan kiri terasa nyeri, apalagi untuk mengetik. Barabe, padahal pekerjaan saya sehar-hari tak pernah terlepas dari komputer.

Lalu, seorang teman memberi saran kepada saya, "Coba terapi dengan minum air hangat." Saya pun mengikuti saran teman saya tersebut. Setiap minum, saya mencampur air panas dengan air dingin. Dan... ajaib, ternyata saya merasa jauh lebih baik.

Air hangat, memang sangat baik untuk kesehatan. Dilansir dari situs healthline.com (15/9/2017), rutin mengonsumsi air hangat dengan suhu 120-140 derajat Farenheit (48-60 derajat celcius), ternyata mampu mengoptimalkan kesehatan kita. Apalagi jika pada air hangat itu kita tambahkan irisan jeruk lemon. Dijamin kesehatan kita berubah menjadi sangat prima.

Inilah beberapa jenis penyakit yang bisa dihindarkan atau dikurangi risikonya sebagai efek terapi air hangat.

Satu, Penyakit Jantung Koroner

Foto: 123RF.com

Dilansir dari food.ndtv.com (3/4/2018), meminum air hangat bisa mempercepat metabolisme termasuk lemak. Meminum air putih hangat secara rutin, bisa membuat lemak jahat yang menumpuk hilang dari tubuh. Dan hal ini akan mengurangi risiko penyakit jantung koroner yang terjadi karena adanya tumpukan kolesterol jahat di pembuluh darah.

Dua, Konstipasi/Sembelit

Sembelit tentu menyebalkan, bukan? Menurut healthline.com (15/9/2017), air hangat bisa memacu kontraksi usus yang membuat sembelit berkurang dan buang air besar pun menjadi lancar.

Tiga, Influenza

Sudah terbukti, bahwa meminum air hangat pada saat flu, bisa meredakan batuk pilek, sebab air hangat, menurut okezone.com (10/7/2016) bisa menghambat aktivitas virus dan bakteri penyebab batuk dan pilek. Juga mampu mengatasi hidung mampet dan mengalirkan lendir karena pilek.

Empat, Asam Urat

Menurut viva.co.id (27/11/2017), terapi minum air hangat bisa mengurangi rasa sakit akibat menumpuknya asam urat di persendian. Air putih juga akan menurunkan kadar asam urat dalam darah sehingga ginjal akan lebih mudah mengeluarkan sisa metabolisme purin itu dalam bentuk urin.

Lima, Diabetes

Dilansir dai boldsky.com (1/2/2016), meminum air hangat, khususnya di pagi hari, akan menurunkan kadar gula dalam darah, yang berarti menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.

Enam, Penyakit Ginjal

Dengan air hangat, kerja ginjal menjadi lebih ringan, karena darah menjadi lebih encer sehingga mudah disaring dan dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk urin.

Tujuh, Sakit Kepala

Rutin meminum air putih hangat, juga mampu meredakan sakit kepala, sebab sirkulasi darah di kepala menjadi lebih lancar karena asupan cairan hangat ini. Otot yang tegang juga bisa menjadi rileks.

Referensi pihak ketiga

Delapan, Mengatasi Gangguan Asam Lambung dan Maag

Penyakit refluks asam lambung bisa diatasi dengan rajin meminum air putih hangat. Demikian juga, sakit maag bisa diringankan dengan terapi ini.

Sembilan, Mengatasi Gangguan Tidur

Jika Anda mengidap insomnia, atau sulit tidur, cobalah untuk meminum air putih dalam kondisi hangat secara rutin.

Sepuluh, Mengatasi Depresi

Air putih bisa menjadi booster semangat, sebab dengan metabolisme yang lebih cepat, kondisi tubuh terasa lebih bugar dan nyaman. Ini membuat kita merasa lebih kuat menghadapi depresi.

Sebelas, Mengatasi Nyeri Haid

Rasa nyeri saat menstruasi bisa dikurangi dengan meminum air hangat. Sebab suhu hangat bisa membuat sirkulasi darah menjadi lancar dan otot lebih relaks.

Tentu masih banyak manfaat lain dari meminum air hangat. Prinsipnya, air hangat bisa membuat metabolisme menjadi lebih cepat, aliran darah lebih lancar, otot rileks, dan juga mampu menghilangkan pegal-pegal di seluruh tubuh.

Saat bangun tidur, cobalah meminum beberapa gelas air hangat, dan rasakan perubahan pada tubuh Anda.

Sumber : UC News