OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 10 April 2018

Cara Mengosongkan Memori Android yang Penuh karena WhatsApp

Cara Mengosongkan Memori Android yang Penuh karena WhatsApp

10Berita, Memori yang penuh memang akan sangat merepotkan karena bisa menurunkan performa smartphone.  Smartphone jadi lemot dan tidak bisa multitasking dengan leluasa. Salah satu penyebab memori penuh adalah menumpuknya file Whatsapp tanpa kita sadari.

Setiap file foto, video, audio, baik yang kita kirim atau terima semua tersimpan di file manager smartphone dan membuatnya penuh. Nah Jaka punya solusi untuk mengatasinya, berikut cara mengosongkan memori android yang penuh gara-gara WA.

Cara Mengosongkan Memori Android yang Penuh Gara-Gara Whatsapp

Kamu bisa saja melakukannya secara manual dengan membuka file manager, tapi itu sangat merepotkan. Bisa saja ada file yg terlewat untuk dihapus, ataupun salah menghapus file yang penting. Nah berikut cara praktis dari Jaka.

Langkah 1 : Instal Aplikasi Cleaner for Whatsapp

Cleaner for Whatsapp bisa kamu download secara gratis di Google Play. Aplikasi ini cuma 2 MB, jadi tidak akan memberatkan kinerja smartphone kamu. Setelah terinstal kamu bisa mulai menggunakannya. Kamu juga bisa download aplikasinya lewat link di bawah ini :

Pertama kali kamu membuka aplikasi ini, kamu akan diberitahu berapa banyak file Whatsapp yang tersimpan. Mulai dari file foto, video, audio, gif, dan dokumen. Kamu juga bisa melihat file yang telah kamu kirim maupun yang kamu terima.

Langkah 2 : Cara Menghapus File Whatsapp

Misal kamu ingin menghapus file foto, maka pilih tab Images. Setelah itu kamu bisa memilih foto mana yang ingin kamu hapus. Pertama kamu harus menandainya, caranya cukup tap ikon centang yang ada di bagian kanan atas.

Kalau sudah menandai semua file yang ingin dihapus, tap ikon tempat sampah untuk lanjut ke proses menghapus file. Nanti akan muncul pesan konfirmasi, lalu pilih yes. Semua file yang kamu pilih akan terhapus secara otomatis.

Langkah 3 : Cara Menghapus File Secara Otomatis

Selain melakukannya manual, kamu juga bisa melakukannya secara otomatis. Caranya dalah dengan mengaktifkan fitur Auto Clean-Up Media. Di halaman awal kamu tap ikon Menu yang ada di sudut kiri atas lalu pilih Settings. Setelah itu pilih Auto Clean-Up Media, lalu aktifkan dengan tap Enable.

Dengan menu ini kamu bisa mengatur kapan saja aplikasi harus membersihkan file Whatsapp. Kamu bisa memilih interval waktu mulai dari 24 jam, 3 hari, satu minggu, atau satu bulan. Kamu juga bisa mengatur file apa saja yang akan dihapus secara otomatis.

Aplikasi ini sangat sederhana dan mudah digunakan. Jadi mulai sekarang tak perlu khawatir memori penuh karena WA lagi ya.

Sumber : UC News