OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 05 April 2018

Ini Kata Yahudi Ultra Ortodok Palestina Tentang Kekaisaran Ottoman dan Erdogan

Ini Kata Yahudi Ultra Ortodok Palestina Tentang Kekaisaran Ottoman dan Erdogan

10Berita, AL QUDS  Ben Tziyon Margilit, seorang Yahudi Ultra-Ortodoks (Haredi), mengatakan Israel menindas warga Palestina dan warga Yahudi Haredi, serta menegaskan bahwa orang Yahudi menikmati “hari terbaik mereka di bawah Kekaisaran Ottoman.”

Haredi Yahudi berkumpul di Yerusalem pada hari Selasa (3/4/2018) memprotes keputusan Pengadilan Pidana Perdamaian Ashkelon untuk melakukan otopsi – sebuah praktik yang secara tegas dilarang oleh Haredi Yahudi – pada seorang anak berusia sebulan yang meninggal hari Senin.

“Kami menginginkan tubuh anak itu, tetapi mereka [pihak berwenang] ingin melakukan otopsi,” kata pemrotes Ben Tziyon Margilit kepada Anadolu Agency, Rabu (4/4/2018) “Mereka tidak akan mengizinkan kita mengubur mayatnya.”

Berkenaan dengan isu sensitif hukum Israel tentang wajib militer, Margilit menambahkan: “Mereka juga memberlakukan layanan militer terhadap warga Yahudi Haredi padahal kita tidak memiliki kesamaan dengan negara Israel sekuler.”

Mengenai struktur politik “sekuler dan Zionis” Israel, ia menyesalkan: “Kami hanya ingin menjalani kehidupan Yahudi, tetapi mereka [otoritas] melanggar hari Sabat [hari istirahat Yahudi pada hari Sabtu] dan mereka juga tidak melaksanakan kewajiban agama mereka.”

“Kakek-nenek kami mengatakan kepada kami bahwa era Ottoman Palestina adalah zaman keemasan bagi orang Yahudi,” kata Margilit, menambahkan bahwa, hari ini, warga Yahudi yang setia dengan ajarannya – bersama dengan warga Palestina – menghadapi penindasan di tangan negara Israel.

“Kami ingin orang Turki kembali,” katanya. “Kami ingin seperti ketika Israel belum didirikan.”

Dia menambahkan: “Israel ingin menjadi negara sekuler, bukan negara Yahudi yang memenuhi kewajiban agama.”

Ketika mereka mengetahui bahwa reporter Anadolu Agency yang meliput protes itu berasal dari Turki, beberapa warga Yahudi Haredi mulai meneriakkan slogan-slogan memanggil Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Haredi Yahudi, yang merupakan 11 persen dari total penduduk Israel, bereaksi terhadap keputusan pengadilan baru-baru ini dengan menutup Alun-alun Sabat Yerusalem dan menurunkan tempat sampah sampah.

Menurut polisi, lima orang Yahudi Haredi ditangkap selama insiden karena “mengganggu ketenangan.”

Kemudian pada hari yang sama, warga Yahudi Haredi berkumpul kembali di sepanjang Meah Shearim, sebuah jalan di dekatnya, tetapi segera dibubarkan oleh polisi.

Dikenal karena topi hitam, mantel hitam panjang dan sidelock (jambang) panjang mereka, Haredi Yahudi baru-baru ini mengorganisir protes di seluruh negeri mengekspresikan penolakan mereka untuk bertugas di bidang militer.

Banyak pengunjuk rasa membawa spanduk, membaca: “Kami lebih baik mati daripada melayani tentara Israel, yang menentang Taurat kami [kitab suci Yahudi].”

Yahudi Haredi percaya bahwa bertugas di militer akan mencegah mereka melaksanakan tugas agama mereka.

Terkonsentrasi terutama di Yerusalem dan kota Bnei Brak di timur Tel Aviv, warga Yahudi Haredi menolak sistem pendidikan sekuler Israel, dan lebih memilih untuk mengirim anak-anak mereka ke sekolah-sekolah agama (yeshivas).

Di bawah hukum Israel saat ini, warga Yahudi yang dididik di yeshiva dibebaskan dari dinas militer.

Kebanyakan Yahudi Haredi tidak menggunakan ponsel pintar atau menonton televisi. Banyak dari mereka yang menerima subsidi dari negara, sementara ukuran komunitas mereka di Palestina  meningkat pesat.

Sumber :Jurnal Islam