OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 18 April 2018

Jangankan Asam Urat, Gagal Ginjal Saja Bisa Sembuh Dengan Daun Buah Ini

Jangankan Asam Urat, Gagal Ginjal Saja Bisa Sembuh Dengan Daun Buah Ini

Referensi alzafa.com

10Berita, Tahu buah sukun ? Itu loh buah yang mirip nangka tapi berwarna hijau. Buahnya unik karena nggak ada bijinya. Daripada dimakan langsung buah sukun lebih sering dijadikan olahan keripik yang renyah nan lezat.

Bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat, kayu pohonnya bisa buat kayu bakar, getahnya bisa untuk menambal perahu, jerat burung dan bahan dasar untuk membuat permen karet. Begitu pun dengan daunnya.

Dulu daun buah sukun sering digunakan sebagai bahan tekstil karena seratnya yang bagus. Tapi setelah dilakukan penelitian ternyata daun buah sukun bisa mengobati berbagai penyakit kronis.

Menurut para ahli seperti yang dilansir dari laman hortikultura.pertanian.co.id, daun buah sukun mengandung unsur seperti polifenol, asam hidrosionat, quercetin dan artoindosionin, hidrosianat, kalium, asetilkolin, tannin, riboflavin, dan phenol serta beberapa senyawa lainnya. Senyawa ortoindonesionin dan quercetin merupakan kelompok senyawa turunan flovonoid yang berfungsi sebagai zat antioksidan dan banyak digunakan sebagai komponen aktif dalam obat-obatan.

Maka dari itu daun yang satu ini sangat direkomendasikan sebagai alternatif pengobatan. Beberapa penyakit yang bisa sembuh dengan buah sukun, diantaranya:

1. Daun sukun bisa mengatasi penyakit gagal ginjal

Referensi sehatalami.co

Capek bolak-balik ke rumah sakit buat cuci darah sekarang coba deh alternatif lain yaitu daun buah sukun.

Caranya sediakan 5 lembar daun buah sukun cuci bersih dan rebus dengan 5 gelas air.Tunggu air rebusannya sampai setengah kurang lebih 10-15 menit baru bisa diangkat.Saring airnya dan biarkan sampai dingin baru bisa diminum. Usahakan konsisten 2 gelas ukuran 200cc perhari.

2. Daun sukun untuk penderita hipertensi

Referensi obatjantungbocor.biz

Hal yang paling tidak menyenangkan bagi penderita penyakit hipertensi pas hari raya kurban. Dimana-mana orang pada makan daging jadi ngiler. Tapi kalau makan takut pusing ? Dilema kan. Sekarang coba deh obat tradisional yang satu ini.

Referensi khasiat.co.id

Cari daun sukun yang sudah tua, masih ada di pohon dan belum jatuh ke tanah.Jemur sampai kering di bawah sinar matahari.Cuci bersih dan rebus dengan 5 gelas air.Tunggu sampai setenga, dinginkan baru bisa dinikmati.

3. Buat penderita kolesterol

Referensi yufungcmc.com

Nyeri, kesemutan, pusing dan rasa tidak nyaman di tangan atau kaki adalah ciri khas penderita kolestrol. Makan obat terus capek mahal pula harganya. Mau yang murah hanya tinggal nyari atau minta ke tetengga ? Pakai daun buah sukun.

Referensi starjogja.com

Sediakan daun buah sukun (optional) tergantung kebutuhan.Potong-potong daunnya, jemur dan keringkan sampai 3 hari.Haluskan daunnya dan sangrai sebentar tanpa menggunakan minyak.Seduh dengan air panas layaknya teh, langsung dinikmati.

4. Mengobati asam urat

Referensi altundo.com

Nyeri-nyeri sendi semua badan pegel linu coba deh buat teh dari daun salam. Asal konsisten 2 gelas per hari dalam jangka 1 bulan sudah terasa manfaatnya.

5. Bisa menyembuhkan penyakit kanker

Referensi nasehatislam.com

Buat teh dari daun sukun seperti tutorial diatas, minum dan konsisten. Jangan putus asa dan jangan lupa berdo'a.

Selain dari 5 penyakit diatas masih banyak lagi penyakit yang bisa disembuhkan dengan daun buah sukun seperti jantung, peradangan, kadar gula darah dan lain-lain. Obat medis memang cepat untuk menyembuhkan tapi bikin ketergantungan, belum lagi harganya mahal. Sekarang cobalah untuk kembali pada alam. Asal kita konsisten penyakit yang diderita pasti bisa disembuhkan.

Sumber: khasiatsehat.com/khasiat-dan-manfaat-daun-sukun/