OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 01 April 2018

Pria Dalit Dibunuh Kasta Ksatria karena Menunggang Kuda

Pria Dalit Dibunuh Kasta Ksatria karena Menunggang Kuda

10Berita —Seorang petani muda dari kasta terendah dalam masayarakat Hindu India, Dalit, dipukuli hingga mati karena memiliki dan mengendarai seekor kuda.

Polisi di negara bagian Gujarat mengatakan tiga orang dari kasta Ksatria telah ditahan untuk ditanyai.

Memiliki kuda dipandang sebagai simbol kekuasaan dan kekayaan di kalangan masyarakat India, dan merupakan hak istimewa bagi orang-orang berkasta tinggi.

Seorang anggota senior kepolisian mengatakan kemungkinan ada motif lain dari pembunuhan itu masih dicari, lapor BBC Sabtu (31/3/2018).

Pradeep Rathod, 21, ditemukan tewas bersimbah darah di dekat desa Timbi di Gujarat hari Kamis malam. Kudanya juga ditemukan dalam keadaan mati di dekatnya, kata ayahnya. Dalam laporannya kepada polisi, ayah Pradeep mengatakan putranya itu sangat menyukai kuda, karena itu dia membelikannya seekor.

“Kecintaan putra saya akan kuda mengakibatkannya terbunuh,” kata si ayah dalam sebuah pernyataan yang dilihat jurnalis AFP.

“Sekitar satu pekan lalu, ketika saya mengendarai kuda bersama putra saya, satu dari orang-orang komunitas kasta Ksatria memperingatkan kami agar tidak menunggang kuda di desa. Dia bilang orang-orang Dalit tidak boleh mengendarai kuda, hanya kalangan Ksatria yang boleh menunggang kuda. Dia juga mengancam akan membunuh kami jika tidak menjual kuda itu,” bunyi pernyataan dalam laporan ayah korban.

Tidak terhitung kasus pembunuhan atas orang-orang Dalit oleh orang dari kasta di atasnya di India.

Bulan oktober lalu juga di Gujarat, seorang pria Dalit dibunuh oleh sekelompok orang dari kasta lebih tinggi, karena menyaksikan pertunjukan tari tradisional Hindu.

Diskriminasi berdasarkan kasta sudah dinyatakan terlarang di India, tetapi dalam prakteknya hal itu masih umum diterapkan dalam masyarakat yang dominan memegang kepercayaan Hindu.*

Sumber : Hidayatullah.com