OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 15 April 2018

Pro Kontra Pernyataan Amien Rais Terkait Hizbullah-Hizbusy syaithan

Pro Kontra Pernyataan Amien Rais Terkait Hizbullah-Hizbusy syaithan



 10Berita , JAKARTA – Amien Rais melontarkan pernyataan soal partai Allah dan partai setan. Ucapan Amien pun dianggap kontroversial hingga menimbulkan pro-kontra di antara partai politik.

Pernyataan itu disampaikan Amien, yang juga Ketua Penasihat Persaudaraan Alumni 212, saat memberi tausiah setelah mengikuti Gerakan Indonesia Salat Subuh berjemaah di Masjid Baiturrahim, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (13/4) lalu.

“Sekarang ini kita harus menggerakkan seluruh kekuatan bangsa ini untuk bergabung dan kekuatan dengan sebuah partai. Bukan hanya PAN, PKS, Gerindra, tapi kelompok yang membela agama Allah, yaitu hizbullah. Untuk melawan siapa? untuk melawan hizbusy syaithan,” ujar Amien.

“Orang-orang yang anti-Tuhan itu otomatis bergabung dalam partai besar, yaitu partai setan. Ketahuilah, partai setan itu mesti dihuni oleh orang-orang yang rugi, rugi dunia rugi akhiratnya. Tapi di tempat lain, orang beriman bergabung di sebuah partai besar, namanya hizbullah, partai Allah. Partai yang memenangkan perjuangan dan memetik kejayaan,” imbuh dia.

Namun, Amien tak mengungkap partai apa saja yang masuk kategori partai setan ataupun partai Allah. Ditanya seusai acara, Amien menyatakan yang dimaksudnya adalah cara berpikir, bukan partai dalam konteks politik praktis.

Pihak yang tak mempermasalahkan Amien salah satunya adalah PAN. Menurut anggota Wanhor PAN Dradjad Wibowo apa yang disampaikan Amien dalam konteks tauhid Islam yang sesuai Alquran dan bukan konteks parpol. Dia juga menyebut sejumlah ayat yang menjadi rujukan Amien.

“Yang disampaikan Pak Amien itu adalah dalam konteks tauhid Islam sesuai Alquran. Bukan dalam konteks parpol,” kata Dradjad dalam pernyataan tertulisnya.

Berikutnya, ada Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon yang menilai ucapan mantan Ketua MPR itu sebagai sebuah kiasan. Dia mengatakan pengutipan hizbullah (partai Allah) dan hizbusy syaitan (partai setan) tersebut bukan dalam konteks parpol.

Selain itu, PKS yakin Amien Rais punya alasan melempar pernyataan itu. “Pak Amien politisi senior, pasti punya alasan dengan pernyataan itu,” kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.

Sementara, Wasekjen PKB Daniel Johan mengatakan pernyataan tersebut tak perlu dipahami secara politik karena disampaikan Amien Rais dalam sebuah tausiyah. Pernyataan Amien ini pun bikin Sekjen Partai NasDem, Johny G Plate merasa sedih. 

Kemudian, Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno mengaku sulit mengikuti lompatan pemikiran eks Ketua MPR itu. Ketum PPP Romahurmuziy juga menyebut Amien Rais tidak bisa langsung mengelompokkan partai setan dan partai Allah agar tidak memancing polemik. Ketua DPP Golkar, Ace Hasan Syadzily, meminta Amien lebih bijak dan santun dalam bicara.

Sumber : Ngelmu.co