OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 06 April 2018

Puisi ‘Ibu Indonesia’ Dinilai Tak Cerminkan Sikap Toleransi

Puisi ‘Ibu Indonesia’ Dinilai Tak Cerminkan Sikap Toleransi

10Berita , Tangerang – Founder Komunitas Hijab Syari Tangerang, Yola Al Khansa menyatakan puisi Sukmawati Soekarnoputri berjudul ‘Ibu Indonesia’ sangat menyakiti hati umat Islam.

“Puisi tersebut sangat menyakiti hati umat muslim, beliau seolah menjadi bensin yang kembali membakar amarah umat yang sudah padam usai kasus penista agama sebelumnya,” ungkap Yola saat dihubungi Kiblat.net, Jumat (06/04/2018).

Menurut Yola, puisi tersebut tidak mencerminkan sikap toleransi, karena memiliki muatan mengolok-olok syariat di agama Islam.

“Islam itu agama yang sempurna, tidak bisa dibandingkan dengan budaya. Kalau membuat perbandingan harusnya yang selevel, ini tidak sebanding,” ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa cadar atau hijab yang menjadi syariat adalah gaun kehormatan seorang muslimah, lebih indah dari sanggul dan konde, sehingga perbandingan yang diajukan Sukmawati sangat tidak sesuai.

Yola berharap peristiwa ini memmbuat semakin banyak muslimah yang tertarik dengan hijab dan cadar. Di sisi lain, ia mewanti-wanti bahwa puisi ‘Ibu Indonesia’ bisa mendoktrin para muslimah memiliki persepsi yang sama dengan pembuatnya atau menilainya sebagai hal yang biasa.

“Ini cukup berbahaya. Ketika remaja atau muslimah mulai mengadopsi pemikiran liberal yang bertentangan dengan Islam, ini berbahaya,” tegasnya.

Sumber :Kiblat.