OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 16 April 2018

Rusia Bongkar Rahasia Kenapa Suriah Hanya Dilengkapi Sistem Pertahanan Udara Jadul

Rusia Bongkar Rahasia Kenapa Suriah Hanya Dilengkapi Sistem Pertahanan Udara Jadul

Ilustrasi sistem Buk-M3. Sumber : sputniknews.com

10Berita, Usai Suriah dibombardir setidaknya 103 rudal dari militer koalisi gabungan AS, Inggris, Prancis pada Sabtu (14/4), Kemhan Rusia memantau secara real time performa sistem pertahanan udara (Arhanud) Suriah. Ketika menyebutkan data jumlah rudal yang berhasil ditangkis sistem Arhanud Suriah, Rusia mempertimbangkan untuk memasok S-300 untuk melindungi langit Suriah.

Dilansir dari sindonews.com (15/4/2018), rencana Rusia tersebut membuat cemas sejumlah analis politik dari sejumlah media Israel. S-300 dapat membahayakan superioritas udara Israel dan membunuh pilot Israel. Sejumlah pengamat dan analis politik Israel pun mendesak pemerintah Israel mencegah Rusia memasok S-300 ke Suriah.

Sistem S-300. Sumber : sindonews.com

Adalah Letjen Sergey Rudskoy, pejabat senior militer Rusia yang mengumumkan Rusia akan mempertimbangkan untuk memasok S-300 ke Suriah setelah menilik performa sistem Arhanud lawas milik Suriah dalam menangkal serangan udara keroyokan 3 negara. Rudskoy juga membocorkan informasi kenapa Rusia selama ini tak memasok S-300 ke negeri Bashar al-Assad.

"Beberapa tahun yang lalu, kami (Rusia) menolak untuk memasok sistem S-300 ke Suriah karena (kami) menuruti permintaan dari beberapa mitra Barat kami (yang meminta kami tak memasok S-300 ke Suriah). Namun melihat apa yang terjadi hari ini (Sabtu 14 April), kami mempertimbangkan kemungkinan untuk kembali pada isu ini (S-300). Tidak hanya mengenai Suriah namun juga berkaitan dengan negara-negara lain.” Demikian ujarnya seperti dilansir dari sputniknews.com (14/4/2018).

Presiden Rusia Vladimir Putin akan mendengar masukan pejabat kemhan untuk mempertimbangkan memasok S-300 di Suriah. Sumber : id.rbth.com

Sistem Arhanud Rusia yang lebih canggih selama ini hanya melindungi wilayah pangkalan militer yang dikuasai Rusia seperti Hmeymim dan Tartus. Dimana menurut kemhan Rusia wilayah itu aman terkendali dari gangguan rudal musuh.

Menarik untuk ditunggu, apakah Rusia akan benar-benar memasok sistem yang lebih canggih ke Suriah. Namun Israel dan sekutu Baratnya dipastikan akan menghadang keputusan Rusia tersebut. Terutama dengan ancaman tambahan sanksi internasional jika Rusia nekat memasok S-300 ke Suriah.

Sumber : international.sindonews.com/read/1298139/43/media-israel-ketar-ketir-rusia-pasok-s-300-ke-suriah-1523819670/13