OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 28 Mei 2018

5 Makanan Ini Punya Kolesterol Sangat Tinggi! Berbahaya Jika Dikonsumsi Terlalu Sering

5 Makanan Ini Punya Kolesterol Sangat Tinggi! Berbahaya Jika Dikonsumsi Terlalu Sering

Otak sapi (foto: distributordagingsapi.com)

10Berita, Pembaca yang budiman, tentu kita tahu, bahwa kolesterol terbaik menjadi dua macam, yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik. Dilansir dari webmd.com (21/7/2016), kolesterol jahat sebenarnya merupakan sebutan untuk LDL (low-density lipoprotein cholesterol), sedangkan kolesterol baik merupakan sebutan untuk HDL (high-density lipoprotein cholesterol).

Pernahkah Anda melihat lilin? Ya, kolesterol jahat itu semacam lapisan lilin yang sangat berbahaya jika terlalu banyak tertumpuk di badan. Bayangkan jika lapisan kolesterol menumpuk di pembuluh darah! Maka pembuluh darah akan menyempit, sehingga aliran darah tidak lancar. Jika dikombinasikan dengan tekanan darah tinggi, pembuluh darah bisa pecah.

Berikut ini adalah beberapa makanan dengan kadar kolesterol jahat tinggi yang perlu

Otak Sapi. Dilansir dari detik.com (8/8/2012), otak sapi merupakan "raja" dari kolesterol. Dalam 100 gram otak sapi, tergandung 2.300 mg kolesterol. Sebaiknya, hindari makanan ini sejauh-jauhnya.

Telur puyuh (foto: hellosehat.com)

Telur Puyuh. Meski otak sapi sangat tinggi kolesterol jahat, ternyata telur puyuh lebih lagi. Menurut detik.com (8/8/2012), telur puyuh mengandung 3.640 mg per 100 gramnya.

Namun, menurut data dari klikdokter.com (7/12/2016), telur puyuh memiliki kadar 48,15 mg per butir, jadi jika berat telur puyuh sekitar 10 gram, maka kandungan kolesterolnya hanya 481,5 mg per butir.

Meski ada perbedaan data, tetap menunjukkan kadar kolesterol yang di atas kebutuhan harian manusia yang maksimal hanya 300 mg saja.

Kuning Telur. Dalam 100 gram kuning telur, atau kuning telur dari 6 butir telur, menurut halosehat.com (25/5/2018), mengandung 1085 mg kolesterol.

Telur Ikan. Telur ikan juga mengandung kolesterol tinggi, yaitu 588 mg dalam 100 gramnya.

Cumi-cumi (foto: okezone.com)

Cumi-Cumi. Binatang ini setiap 100 gramnya mengandung 224 mg kolesterol.

Nah, demi kesehatan, sebaiknya kurangi makanan tersebut ya? Sebaliknya, perbanyaklah makanan-makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh kita, seperti buah dan sayur.

Sumber :UC News