OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 31 Mei 2018

7 Mata Uang Terendah Di Dunia, Indonesia Masuk!

7 Mata Uang Terendah Di Dunia, Indonesia Masuk!

10Berita, Nilai Tukar suatu Mata Uang atau biasanya disebut dengan Nilai Kurs pada dasarnya adalah tergantung pada prinsip Supply (Penawaran) dan Demand (Permintaan). Makin tinggi permintaannya, makin tinggi pula nilai tukarnya. Tetapi sebaliknya, penawaran yang lebih banyak dibandingkan dengan permintaan akan menyebabkan nilai tukar mata uang suatu Negara menjadi rendah.

Saat ini, nilai mata uang terendah di dunia adalah Rial Iran yang disingkat dengan IRR. Nilai Tukar Iran Rial terhadap 1 Dolar Amerika Serikat (USD) adalah 37.821 berdasarkan Google Finance Converter pada tanggal 07 April 2018. Mata uang Republik Indonesia yaitu Rupiah juga termasuk dalam daftar 10 Mata uang terendah di dunia ini. Berdasarkan Google Finance Converter , Uang Rupiah kita memerlukan Rp. 13.770 untuk mendapatkan US$1.

Berikut Ini Daftar 7 Negara dengan Mata Uang Terendah Di Dunia

1. Iran

nationalgeographic.com

Iran menduduki sebagai negara dengan mata uang terendah di Dunia saat ini. Mata uang negara ini adalah Rial Iran dengan kode IRR dan disimbolkan dengan ﷼. Nilai tukar Rial Iran dengan Dolar US ($1) adalah 37.821 IRR atau dikonversikan dengan Rupiah (Rp1) setara 2,75 IRR.

2. Vietnam

homestaytamcoc.com

Selanjutnya, di posisi kedua negara dengan mata uang terendah adalah Vietnam. Belakangan ini Vietnam makin dikenal dunia akan destinasi wisatanya yang natural dan jumlah kunjungan turis yang terus meningkat. Tetapi, sampai saat ini Vietnam masih berada di Daftar Mata uang terendah. Dong Vietnam, atau disimbolkan dengan ₫ dan kode uang VND, memiliki nilai tukar dengan Dolar US ($1) setara 22.802 VND. Dibandingkan dengan Rupiah (Rp1) setara 1,66 VND.

3. Sao Tome Principe

nationalgeographic.com

Sao Tome Principe merupakan salah satu negara yang terletak di Benua Afrika dengan luas tidak lebih dari 1.001 km². Negara yang berbentuk Republik ini memiliki Mata Uang yang disebut Dobra Sao Tome, bersimbol Db dengan kode STD. Nilai Tukar Dolar US ($1) ke Dobra Sao Tome adalah 20.502 STD atau Nilai Tukar Rupiah (Rp1) adalah 1,49 STD.

4. Indonesia

myhappytours.com

Salah satu Negara dengan Mata Uang Terendah di Dunia adalah Indonesia. Negara terluas ke 13 di Dunia serta dikenal memiliki beragam bahasa dan destinasi wisata yang sangat indah ini menduduki posisi keempat. Mata uang Indonesia adalah Rupiah, disimbolkan Rp dengan kode IDR. Nilai tukar Dolar US ($1) terhadap rupiah adalah 13.770 IDR,

5. Guinea

advisor.com

Guinea menjadi negara kedua di Benua Afrika dengan mata uang terendah setelah Sao Tome Principe. Negara yang menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi ini memiliki mata uang yang bernama Franc Guinea dengan simbol FG dan kode GNF. Nilai Tukar Dolar US ($1) terhadap Franc Guinea adalah 9.026,25 GNF.

6. Laos

nationalgeographic.com

Negara yang dikenal dengan the landlocked country ini memiliki Kip Laos sebagai mata uang negara. Mata uang yang disimbolkan dengan ₭ dan kode uang LAK memiliki nilai tukar dengan Dolar US ($1) setara 8.315 LAK.

7. Uzbekistan

fischer.cz

Sebelumnya, Uzbekistan pernah menjadi bagian dari negara Uni Soviet hingga tahun 1991 memerdekakan diri dan menjadi sebuah negara. Mata uang Uzbekistan adalah Uzbekistan Som dengan simbol лв dan kode UZS. Nilai tukar Dolar US ($1) terhadap Uzbekistan Som adalah 8.100,20 UZS atau dengan Rupiah (Rp1) adalah 0,59 UZS

Itulah 7 Negara dengan mata uang terendah di Dunia. Mata uang terendah ini menggunakan kurs Google Finance Converter. Semoga kedepannya Negara kita tercinta ini dapat memperkuat nilai tukar Rupiah.

Sumber : ilmupengetahuanumum.com