OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 29 Mei 2018

Aplikasi Terbaik? Kurang dari 1 Mb, Tapi Mampu Transfer Data Semua Ukuran dengan Cepat

Aplikasi Terbaik? Kurang dari 1 Mb, Tapi Mampu Transfer Data Semua Ukuran dengan Cepat

Pemilik hak cipta: Adhityawp

10Berita, Teknologi untuk mengirim data dari satu smartphone ke yang lain kini masih jadi andalan banyak orang. Aplikasi-aplikasi seperti UC Share, ShareIt, Send Anywhere dan banyak lainnya.

Dari seluruh aplikasi yang menggunakan teknologi Wifi-Direct ini, UC Share yang memiliki ukuran file paling ringan, hanya 800 kb! Tampilannya pun begitu bersih dan sederhana.

Menu Utama

Pada halaman utama aplikasi ini terdapat 3 menu utama yang terdiri dari Friends, UC Share, dan Me. Untuk menu Friends sendiri biasanya terdiri dari teman atau pengguna lain yang pernah melakukan transfer data dengan saya termasuk histroy file yang ditransfer.

Selanjutnya, menu Me berisikan informasi mengenai biodata pengguna, file yang berada dalam smartphone pengguna, history file yang dikirim maupun diterima, rating, Phone Clone, Prive Space, dan Settings.

Di antara ketiganya, menu UC Share paling penting karena memuat beragam menu untuk transfer file, mulai dari menu Recent, Music, Video, Photo, App, dan File. Menariknya, pada aplikasi UC Share versi terbaru ini memungkinkan penggunanya dapat melakukan transfer data langsung dari beberapa folder tanpa harus memilih banyak file terlebih dahulu.

Menariknya, UC Share versi terbaru juga menawarkan kategori yang berbentuk tab di dalam menu. Misalnya saja pada menu Music terdapat kategori tab mengenai file Music yang diurutkan berdasarkan judul lagu, penyanyi, tempat disimpan, dan albumnya. Hal ini akan lebih memudahkan penggunanya dalam mencari file yang akan ditransfer secara lebih terstruktur.

Mekanisme Transfer Data

Pemilik hak cipta: Adhityawp

Untuk melakukan transfer data atau file di aplikasi UC Share ini bisa dibilang cukup mudah, dimana saya hanya perlu masuk ke menu UC Share yang memiliki lambang Infinity. Selanjutnya, saya memilih beragam video, musik, foto, aplikasi, maupun folder dengan menekan tanda berlambang checklist di dalam lingkaran ungu.

Nantinya video, musik, foto, aplikasi, maupun folder yang sudah kita pilih akan terakumulasi di bagian bawah aplikasi dengan tombol bertuliskan jumlah kapasitas, Send. Misalnya saja 51 MB, Send. Setelah semua file yang dikirim terasa cukup maka Gadgeter dapat langsung menekan tombol bertuliskan 51 MB, Send tersebut. Nantinya aplikasi UC Share secara otomatis akan mencari smartphone penerima file yan menggunakan aplikasi ini.

Selanjutnya, bagi pengguna UC Share yang ingin menerima file dapat langsung menekan tombol Receive yang berada di dalam lingkaran ungu. Kemudian, aplikasi UC Share akan mengaktifkan Wi-Fi Direct dari smartphone penerima dan menjadikannya hotspot tethering.

Pemilik hak cipta: Adhityawp

Nantinya akan muncul pesan yang menyatakan bahwa smartphone penerima berhasil menjadi hotspot tethering beserta nama jenis smartphone dan QR Code. Maka pada aplikasi UC Share pengirim akan muncul pilihan mengirim file ke smartphone yang telah terdeksi atau melakukan scan terhadap QR Code penerima.

Pada kasus saya, smartphone penerima telah muncul di aplikasi UC Share pengirim maka saya hanya tinggal menekan tulisan jenis smartphone tersebut dan secara otomatis aplikasi UC Share akan melakukan pengiriman data dengan kecepatan tinggi berkat teknologi Wi-Fi Direct.

Nantinya proses akan dimulai dan secara perlahan file yang dipilih tadi akan ditransfer dari pengirim ke penerima. Tentunya dengan kecepatan yang sangat tinggi dibandingkan menggunakan teknologi Bluetooth.

Nantinya file yang telah terkirim akan langsung disimpan di storage smartphone penerimanya. Biasanya untuk membuka file yang diterima harus masuk ke dalam folder dari aplikasinya, namun berbeda dengan UC Share yang sudah dapat menentukan storage location dari file yang diterima sehingga penggunanya dapat dengan mudah untuk mengakses file kirimannya.

Kesimpulan

Dengan semua fitur menarik yang ditawarkan, bisa dibilang UC Share merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk transfer data antar smartphone dengan cepat menggunakan teknologi Wi-Fi Direct. Bahkan UC Share sendiri tidak memiliki iklan sehingga tidak akan mengganggu penggunanya. Bagi kamu yang ingin menggunakan aplikasi ini maka dapat mengunduhnya langsung di situs resmi www.ucshare.net atau,

Sumber : UCShare.net