OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 19 Mei 2018

Benarkah Nuh Dan Sulaiman Putra Asli Indonesia ?

Benarkah Nuh Dan Sulaiman Putra Asli Indonesia ?

 
10Berita, Indonesia merupakan negara yang luas, kita kaya akan perabadan dan kisah – kisah masa silam yang semua belum mampu dibuktikan ilmu pengetahuan masa kini. Berbicara tentang masa silam pastinya kamu sudah tidak asing dengan kisah para Nabi yang menyebarkan agama Allah, tapi pernahkan terbayang bahwa di negeri kita tercinta ini, Allah sudah pernah mengutus seorang nabi untuk menyebarkan apa yang menjadi ajaran nya ?

Nabi Nuh dan nabi Sulaiman merupakan nabi dari zaman yang berbeda, nabi Sulaiman hidup sekitar 975 – 935 SM, sedangkan nabi Nuh Hidup 140 tahun sepeninggalan Nabi Adam ( 3760 -2830 SM), jadi hal ini membuktikan bahwa nabi Sulaiman dan nabi Nuh merupakan nabi dengan jarak yang sangat – sangat jauh, namun percayakah kamu bahwa dua nabi ini merupakan putra asli Indonesia ?

Mari Kita melihat dari sisi Penelitian ilmiah,

Nabi Nuh Berasal Dari Indonesia ?

Ilustrasi Bahterah Nuh / Foto : Pinterest.com

Ungkapan nabi Nuh berasal dari Indonesia bukan tanpa dasar, kisah banjir besar yang menenggelamkan seisi bumi pada masa nabi Nuh menggingatkan kita tentang bahterah Nuh yang sungguh luar biasa. faktanya bahwa bahterah Nabi Nuh yang luar biasa itu terbuat dari kayu asli Indonesia. Percaya atau tidak, pada tahun 2016 peneliti Arkeolog dan Antropolog dari China dan Turki menemukan bukti baru perihal kayu untuk membuat Bahterah Nabi Nuh berasal dari Indonesia, para peneliti ini mengumpulkan serpihan Fosil kayu dari penemuan bahterah nabi Nuh dan melakukan penelitian mendalam.

Melalui serangkaian uji materi pada fosil serpihan kayu membuktikan kayu yang digunakan nabi nuh merupakan kayu Jati, dan kayu Jati itu hanya berasal dari tanah Jawa . Peneliti yang tergabung dalam 15 orang ini meneliti fosil kayu tersebut dengan ratusan kayu purba yang ada , dan mereka menemukan 100 % kayu yang digunakan oleh Nabi Nuh cocok dengan kayu jati yang ada di pulau jawa dan hanya tumbuh di pulau Jawa.

Ilustrasi Bahterah Nuh / Foto : Pinterest.com

Meskipun banyak pendapat mengatakan bahwa mungkin saja Nabi Nuh hanya mengambil kayu Jati dari pulau Jawa atau bahasa lainya Meng-impor kayu dari dari tahah Jawa, namun bukankah pada masa itu nabi nuh hanya memiliki sedikit pengikut, dan kebanyakan dari kaum nabi nuh merupakan Kaum pembangkang, mana mungkin kaum pembangkang mau memindahkan kayu – kayu tersebut. Selain itu juga, melihat dari sejarah geografis Indonesia yang dulunya merupakan suatu kesatuan, namun sekarang terpecah belah menjadi pulau – pulau kecil, lalu menurut kamu selain gempa bumi apakah masuk akal Indonesia dulu pernah menjadi pusat banjir besar lalu rintihan hujan dengan skala besar membuat Indonesia terbagi menjadi pulau – pulau kecil ?

Nabi Sulaiman Berasal Dari Indonesia ?

Ilustrasi Kerajaan Sulaiman / Foto : Pinterest.com

Berbicara tentang Nabi Sulaiman berasal dari Indonesia memang suatu hal yang tak lazim, sebagaimana dunia tau bahwa Nabi Sulaiman nan kaya tersebut identik dengan bangsa Israel.

Namun hal berbeda di ungkapkan oleh seorang Pakar bernama Fahmi Basya yang memberikan banyak bukti bahwa Candi Borodubur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman.

Relief Sulaiman Berbicara dengan Hewan di Candi Borobudur / Foto : Pinterest.com

Kuatnya dugaan Borobudur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman terlihat dari Relief – Relief Candi Borobudur, dalam salah satu relief yang terukir pada candi Borobudur terdapat ukiran bahwa Nabi Sulaiman dengan kemampuannya sedang berbicara dengan hewan - hewan, selain itu terdapat juga ukiran berupa bunga dan burung – burung, serta hewan – hewan lain seperti gajah, kuda, anjing, monyet dan lainya.

Relief Tabut Nabi Sulaiman di Candi Borobudur / Foto : Boombastis.com

Dalam salah satu relief juga terdapat ukiran yang menerangkan tentang tabut, yaitu sebuah tabut atau peti yang diwariskan oleh nabi Daud kepada nabi Sulaiman yang di dalamnya berisi kitab Zabur, Taurat, dan tongkat Musa, serta Memberikan ketenangan. Hal ini menjadi acuan berdasarkan pada Al-Qur’an Surat Al – Baqarah (2) : 248 )

Temuan Surat Sulaiman untuk Ratu Balqis / Foto : Boombastis.com

Selain itu, salah satu bukti penelitian yang paling kuat adalah surat emas dari Nabi Sulaiman kepada Ratu Balqis yang dikirimkan oleh burung Hud – Hud, surat yang isinya menyuruh Ratu Balqis untuk menyembah Allah ini tidak ditemukan bahkan di negri Israel atapun Yaman yang katanya merupakan tempat Nabi Sulaiman, surat bertuliskan Lafal Bismillah itu ditemukan di kolam pemandian Ratu Boko ( Menurut Fahmi Ratu Boko adalah Ratu Balqis ).

Nah, setelah membaca bukti di tersebut, Apakah mungkin Nabi Nuh dan Nabi Sulaiman adalah putera asli Indonesia ? Bukti – bukti yang dipaparkan memang berdasarkan penelitian, tapi tetap saja sewaktu – waktu penelitian itu bisa direvisi karena perkembangan ilmu pengetahuan semakin tahun semakin maju.

Terlepas dari benar atau tidaknya Nabi Nuh dan Nabi Sulaiman merupakan putra asli Indonesia, penelitian yang di ungkapkan hanya ingin memberi pendapat tanpa ada maksud untuk mengakui budaya satu sama lainya, hakikatnya dari pembahasan adalah mempercayai keberadaan Nabi dan Rasul merupakan bagian tak terpisahkan dari Rukun iman, tidak ada salahnya mempelajari kisah sejarah selagi hal – hal itu dilandasi pendapat yang berorientasi pada bukti ilmiah.

Referensi : Boombastis.com ; kompas.com ; Islamidia.com