OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 17 Mei 2018

Mengapa Bung Hatta Sampai Akhir Hayat Mengharamkan Dirinya Datang Ke Singapura?

Mengapa Bung Hatta Sampai Akhir Hayat Mengharamkan Dirinya Datang Ke Singapura?

 

10Berita, Pelaksanaan eksekusi mati di tiang gantungan terhadap dua tentara Indonesia dari kesatuan Korps Komando Operasi (KKO) Angkatan Laut, menyisakan duka mendalam di banyak kalangan. Ratusan warga negara Indonesia hadir di tempat persemayaman kedua jenazah pahlawan nasional itu di aula Kedutaan Besar RI di Singapura, sebelum diterbangkan ke tanah air.

Referensi pihak ketiga

Di dalam negeri, presiden Soeharto langsung menetapkan keduanya sebagai pahlawan nasional. Aksi protes pun dilakukan untuk menunjukkan kemarahan kepada pemerintah Singapura. Bahkan, ada pihak yang mwnyatakan perang kepada Singapura.

Referensi pihak ketiga

Bung Hatta, sang mister clean, mantan wakil presiden RI pertama, melakukan protes dengan cara yang berbeda. Beliau mengharamkan dirinya sendiri, untuk menginjakkan kakinya ke negara tetangga itu. Hal itu disampaikan dalam sebuah pernyataan sumpah kepada istri beliau, ibu Rahmi Hatta. Dengan demikian, sampai akhir hayatnya, sepanjang 12 tahun setelah vonis itu dilaksanakan, beliau tidak pernah datang ke Singapura untuk tujuan apapun, tanpa pengecualian. Termasuk juga jika harus melakukan penerbangan ke negara lain, beliau tidak ingin transit di negeri itu.

Referensi pihak ketiga

Bung Hatta adalah orang yang konsisten. Banyak undangan disampaikan kepada beliau, dari Singapura, mulai dari acara kenegaraan sampai penganugerahan gelar pada bidang tertentu. Semua ditolaknya. Demikian juga untuk keperluan berobat. Di saat banyak orang Indonesia mempercayakan pemeriksaan kesehatannya kepada para dokter di Singapura, beliau memilih tetap dirawat oleh dokter berkebangsaan Indonesia di negaranya sendiri. Bung Hatta meninggal dunia tanpa pernah sekalipun menginjak bumi Singapura.

Referensi pihak ketiga

Sejarawan Asvi Warman Adam pernah membayangkan jika apa yang dilakukan Bung Hatta itu diikuti oleh seluruh rakyat Indonesia dari semua kalangan. ‘Saya yakin Singapura bakal bangkrut dalam waktu sekejap.’

Sumber artikel :

sejarahri.com/sumpah-bung-hatta-atas-singapura/

nasional.tempo.co/read/554071/usman-harun-digantung-bung-hatta-bersumpah, UC News