OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 28 Mei 2018

Ya Ampun! Ternyata Makanan Ini Penyebab Sakit Ginjal, No 4 Sering Kita Makan

Ya Ampun! Ternyata Makanan Ini Penyebab Sakit Ginjal, No 4 Sering Kita Makan

(foto : steptohealth.com)

10Berita, Sakit ginjal adalah salah satu jenis penyakit yang sangat ditakuti. Betapa tidak, penyakit ini bisa menyebabkan kematian apabila tidak segera disembuhkan.

Sebagaimana kita ketahui, ginjal merupakan organ penting dalam tubuh manusia yang perlu dijaga kesehatannya agar tidak terjadi hal yang dapat mengancam nyawa.

Salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal adalah membatasi diri dalam mengkonsumsi makanan penyebab sakit ginjal.

Sebagaimana dilansir steptohealth.com (8/9/2017) berikut adalah makanan yang bisa merusak ginjal :

1.Minuman berkafein

(foto : raveling.bisnis.com)

Sebaiknya batasi konsumsi minuman berkafein guna menjaga kesehatan ginjal. Mengkonsumsi minuman berkafein, misalnya kopi dengan jumlah berlebih dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan penyakit ginjal.

2.Minuman berkarbonasi

(foto : suratkabar.id)

Selain minuman berkafein, kita juga perlu membatasi dalam mengkonsumsi minuman berkarbonasi. Minuman berkarbonasi seperti minuman energi dan minuman soda yang dikonsumsi berlebihan bisa merusak ginjal.

3.Sarden

(Foto : nationalgeographic.co.id)

Makanan kaleng juga termasuk makanan yang bisa menyebabkan penyakit ginjal karena mengandung purin yang cukup tinggi. Selain menyebabkan penyakit ginjal, makanan tinggi purin juga bisa menyebabkan asam urat.

4.Garam yang berlebihan

(foto : sehat.link)

Jika Anda termasuk orang yang suka mengkonsumsi makanan asin, sebaiknya batasi keinginan Anda untuk makan makanan asin. Kenapa demikian ? karena makanan sangat asin bisa menyebabkan batu ginjal.

5.Alkohol

(foto : duniafitnes.com)

Minuman beralkohol sebaiknya dihindari karena sangat tidak baik bagi kesehatan. Jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, minuman beralkohol bisa merusak ginjal.

Nah, mulai sekarang mari kita jaga kesehatan ginjal dengan menerapkan pola hidup sehat dan rutin minum air putih paling tidak 1 hingga 1,5 liter dalam sehari.

Sekian, semoga bermanfaat

Sumber :UC News