OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 04 Juni 2018

30 Tahun Hilang di Afghanistan, Pilot Rusia Ini Ternyata Masih Hidup

30 Tahun Hilang di Afghanistan, Pilot Rusia Ini Ternyata Masih Hidup

10Berita, AFGHANISTAN—Seorang pilot Rusia yang hilang selama 30 tahun di Afghanistan dilaporkan telah ditemukan. Pilot ini juga diduga tewas setelah pesawat perangnya ditembak jatuh selama invasi militer Soviet ke Afghanistan.

“Dia masih hidup. Ini sangat mencengangkan. Sekarang dia membutuhkan bantuan,” kata ketua serikat pasukan terjun payung Rusia, Valery Vostrotin, dalam sebuah wawancara kantor berita RIA Novosti, Jumat (1/6/2018).

Vostrotin, yang juga merupakan kepala komisi gabungan AS-Rusia pada tawanan perang dan tentara yang hilang dalam aksi, menolak untuk mengungkapkan identitas pilot.

Wakil kepala organisasi veteran Rusia lain yang disebut Pertempuran Persaudaraan, Vyacheslav Kalinin, mengatakan pilot yang baru ditemukan itu ditembak jatuh pada 1987 dan kemungkinan telah berusia lebih dari 60 tahun saat ini.

Harian bisnis Rusia Kommersant melaporkan bahwa hanya satu pilot Soviet yang ditembak jatuh pada 1987, mengidentifikasi dia sebagai Sergei Pantelyuk dari wilayah Rostov Rusia selatan.

Dikatakan Pantelyuk dan pesawatnya hilang setelah lepas landas dari lapangan udara Bagram Kabul, yang sekarang menjadi pangkalan udara militer AS. []

SUMBER: PRESSTV