OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 02 Juni 2018

4 Sayuran Yang Wajib Dikonsumsi Selama Ramadhan, No 1 Gizinya Sangat Mencengangkan

4 Sayuran Yang Wajib Dikonsumsi Selama Ramadhan, No 1 Gizinya Sangat Mencengangkan

 

Referensi pihak ketiga : hellosehat.com

10Berita, Selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan kita Wajib menjaga kondisi tubuh ya sob, selain olah raga teratur, kita juga harus menjaga asupan nutrisi. Selain karbo dan protein, kita juga dapat memperoleh nutrisi dari 4 jenis sayuran yang saya rekomendasikan ini, kandungan gizinya sangat mencengangkan loh!

Kelor.

Referensi pihak ketiga : daunbuah.com

Dilansir dari daunbuah.com Daun kelor memiliki banyak manfaat bagi kesehatan sehingga daun ini banyak digunakan sebagai bahan bagu untuk jamu /pengobatan tradisional berbagai macam penyakit. Daun kelor dapat digunakan untuk mengobati rematik, menurunkan kadar gula darah dan masih banyak lagi penyakit yang dapat disembuhkan oleh daun kelor.

Khasiat ampuh daun kelor dikarenakan daun ini memilikisenyawa kimia yang berfungsi sebagai obat, diantaranya adalah senyawa kimia arginin, leusin, metionin serta beberapa senyawa lain juga terdapat didalam daun kelor. Kandungan senyawa aktif yang terdapat didalam daun kelor diprcaya dapat mengobati tumor. Sifat dari daun kelor antara lain anti tumor, anti diabet dan antioksidan. daun kelor juga mengandung vitamin C yang lebih banyak jika dibandingkan buah jeruk, bahkan daun ini mengandung 7 kali lebih banyak akan kandungan vitamin C. Kandungan lein selain vitamin C adalah kandungan potasium, kandungan potasium yang terdapat didalam kelor 3 kali lebih banyak dari buah pisang, kandungan vitamin A 4 kali lipat dari wortel, kandungan kalsium 4 kali lipat dari susu.

2. Bayam.

Referensi pihak ketiga : kebunbibit.com

Berencana diet? Bayam terbukti mengurangi nafsu makan hingga 95% sebagaimana riset Charlotte Erlanson-Albertsson, ahli kedokteran dari Lund University, Swedia. Erlanson meriset selama tiga bulan dan melibatkan 38 perempuan gemuk. Hasilnya bobot tubuh anggota kelompok yang mengonsumsi ekstrak bayam turun hingga 5 kg. Bandingkan dengan kontrol yang hanya turun 3,5 kg. Itu karena bayam mengandung tilakoids yang memperkuat produksi hormon dalam tubuh. Akibatnya tubuh merasa kenyang karena rasa lapar ditekan. Selain itu tilakoids juga memperlambat proses pencernaan dan memberi sinyal kenyang ke otak. Sumber : kebunbibit.com

3. Daun singkong.

Referensi pihak ketiga : manfaat.co.id

Manfaat daun singkong sepertinya sudah tidak asing bagi kita, sayuran enak ini memang sangat banyak digemari di berbagai daerah di Indonesia. Sayuran yang satu ini sudah akrab dengan lidah orang Indonesia terutama yang tinggal di daerah perdesaan. Tanaman singkong sendiri banyak sekali dan mudah didapatkan, itulah sebabnya buah singkongnya sendiri atau pun daunnya, banyak sekali digunakan dalam khasanah kuliner nusantara. Dilansir dari sayanda.comKandungan gizi daun singkong pada setiap lembarnya adalah: serat, vitamin A, C, dan B1, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, serta zat besi. Oleh karena itu, daun singkong sangat baik untuk dijadikan sajian menu harian Anda.

4. Daun Pakis.

Referensi pihak ketiga : manfaat.co.id

Sebagai jenis sayur – sayuran yang dapat dikonsumsi dengan mudah, pakis ternyata memiliki banyak sekali kandungan gizi dan manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita. Dalam 100 gr sayur pakis mengandung kira – kira 3617 IU vitamin A. Ini sama dengan 120% kebutuhan vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh dalam satu hari.Sudah bukan rahasia lagi jenis – jenis sayuran hijau memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Begitu pula dengan pakis. 100 gr sayur pakis mengandung 26.6 mg vitamin C. tentu saja hal ini akan sangat membantu dalam pemenuhan kebutuhan vitamin C tubuh dalam sehari. Sumber: manfaat.co.id

Itulah 4 jenis sayuran yang saya rekomendasikan untuk dikonsumsi selama bulan Ramadhan, semoga bermanfaat dan ibadah puasa kita menjadi lancar, Amin..

Sumber :UC News