OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 06 Juni 2018

Dihormati Sebagai Ulama Berpengaruh, Inilah Fakta Mengejutkan Habib Rizieq

Dihormati Sebagai Ulama Berpengaruh, Inilah Fakta Mengejutkan Habib Rizieq Shihab

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab (foto: tintabiru.com)

10Berita, Siapa tak kenal Habib Rizieq Shihab, sosok Imam besar Front Pembela Islam (FPI) yang beberapa tahun terakhir cukup populer di tanah air. dihormati para pendukungnya dan diwaktu yang sama dinistakan pembencinya. Telepas dari semua Pro dan Kontra tentangnya, Habib Rizieq merupakan salah satu dari tokoh muslim paling berpengaruh di Tanah air.

Terbukti baru baru ini, sejumlah tokoh Nasional turut mengunjungi sang Habib di Tanah Suci, diantara mereka terdapat Ketum Gerindra Prabowo Subianto, dan tokoh senior PAN, Amien Rais. Lantas selain massa pendukung yang besar, apa yang menarik perhatian sejumlah elit politik berupaya mendapatkan dukungan dari sang Habib.

Berikut beberapa fakta singkat dibalik sepak terjang sosok Habib Rizieq dan Ormas FPI bentukannya dalam memerangi maksiat, amar ma’ruf nahi munkar. Sebagian dari fakta kehidupannya yang mungkin tidak banyak diketahui publik.

1. Lulus Predikat Cum Laude Universitas Luar Negeri

foto: ceth-ksu.com

Habib Rizieq merupakan lulusan terbaik dari King Saud University, salah satu Universitas Islam terbaik di Dunia, lulus dengan Predikat Cum Laude dibidang Studi Agama Islam Fiqih dan Ushul Fiqh tahun 1990, sebuah prestasi yang cukup bergengsi.

Pria kelahiran 24 Agustus 1965 ini, berkesempatan menimba ilmu agama di King Saud University berkat beasiswa yang ia dapatkan dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

2. Sempat Belajar di Sekolah Kristen

Sebagai keluarga Nabi, hidup Habib Rizieq Shihab-terjamin-di Arab-saudi (foto: intelijen.co.id)

Umumnya para tokoh Muslim menghabiskan masa pendidikannya di lembaga Pendidikan Islam layaknya Pondok Pesantren atau madrasah madrasah Islam. Namun tidak demikian dengan sosok Imam besar FPI ini.

Ia bahkan sempat menjalani pendidikan Menengah Pertamanya di SMP Kristen Bethel Petamburan, Jakarta. Meski tumbuh dikeluarga Muslim, pengalaman ini mengajarkan Pria bernama lengkap Habib Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab ini, memahami arti toleransi dan keberagaman.

3. Sempat Mengajar Sekolah di Arab Saudi

Arab Saudi Anggap Habib Rizieq Shihab buron-politik-yang bela Islam (foto: tribunnews.com)

Tak berselang lama setelah kelulusannya dari King Saud University, Habib mengamalkan ilmu yang didapat dengan menjadi staf pengajar di salah satu sekolah setingkat SMA di Saudi selama setahun yaitu sekitar tahun 1992 sebelum kepulangannya ke Tanah air.

4. Mendapat Gelar Kehormatan Mufti Agung

foto: tribunnews.com

Dikenal dengan sikap tegasnya memerangi kemaksiatan dalam menerapkan ajaran Islam amar ma’ruf nahi munkar, mengantarkan sosok Imam Besar FPI ini diangkat menjadi Mufti Agung di Kesultanan Sulu Darul Islam pada tahun 2009.

Sebagai Mufti Agung Kesultanan, Habib Rizieq sangat populer di kalangan umat Islam Sulu, Ia mendapat gelar Datuk Paduka Maulana Syar’i Sulu.

5. Mendirikan FPI dihari Kemerdekaan RI

fpi-instruksikan-laskar-bersihkan-sampah-dan-lumpur-usai-banjir-surut (foto: voa-islam.com)

Pada peringatan HUT RI, 17 Agustus 1998, Habib Rizieq mendirikan Front Pembela Islam (FPI), sebagai bentuk kecintaannya terhadap NKRI dan Islam, FPI membawa misi amar ma’ruf nahi munkar, sebagai benteng terakhir umat Islam melawan kemaksiatan dan kemunkaran yang merusak moral bangsa.

20 tahun sudah FPI berdiri, menjalani misi misi kemanusiaan, membantu sesama umat dengan melebarkan sayapnya ke segenap pelosok negeri, membawa Organisasi ini berkembang menjadi salah satu Ormas Islam cukup berpengaruh di Indonesia.

Sumber:

jitunews.com/read/81113/dianggap-ulama-paling-berpengaruh-berikut-fakta-mencengangkan-habib-rizieq