OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 09 Juni 2018

Jika Anda Ditelepon Oleh Nomor Anda Sendiri, Jangan Pernah Mengangkatnya, Bahaya!

Jika Anda Ditelepon Oleh Nomor Anda Sendiri, Jangan Pernah Mengangkatnya, Bahaya!

10Berita , Hidup di jaman serba modern seperti saat ini, hampir semua manusia memiliki ponsel. Keberadaan ponsel memiliki dua pengaruh, positif dan negatif. Manfaat ponsel tak lain untuk digunakan sebagai alat komunikasi yang praktis, sedangkan negatifnya ialah bisa membuat seseorang kecanduan oleh ponsel atau smartphone.

Foto : gilahartanah.com

Meskipun kita sudah banyak yang tau oleh beberapa fungsi ponsel, tapi masih banyak saja orang yang kecolongan gara-gara tindakan penipuan dengan memanfaatkan ketidaktahuan kita. Seringkali, kelemahan kita terhadap ketidaktahuan menjadi sasaran trik sempurna para penjahat.

Nah, kali ini kami akan memberitahu soal panggilan telepon kepada Anda para pembaca setia Shakarinebaker. Jika Anda ditelepon oleh nomor Anda sendiri, ini mungkin aneh kan? Tapi, jangan sesekali Anda mengangkatnya. Kenapa? Karena itu merupakan salah satu bentuk penipuan terbaru yang memanfaatkan nomor korban sendiri.

Dok.pribadi

Seperti dilansir dari wspa.com (08/06/18), tindakan penipuan ini disebut "spoofing number", yaitu memanggil korban dan menampilkan nomor telepon korban itu sendiri di ID pemanggil. Kemudian si pelaku akan merampas semua informasi berharga dari korban, seperti rekening bank.

Praktek penipuan terbaru ini sedang dihadapi oleh Amerika dan Kanada. Bahkan Better Business Bureau (BBB) ​​memperingatkan bahwa skema baru ini adalah salah satu kejahatan penipuan panggilan paling berbahaya yang digunakan saat ini. Komisi Komunikasi Federal Amerika mendesak orang-orang untuk mengajukan keluhan resmi jika mereka menerima panggilan seperti itu.

Semoga artikel ini bermanfaat. Ikuti terus Shakarinebaker dan nikmati artikel menarik lainnya. Terima kasih.

Sumber :UC News