OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 27 Juni 2018

LSIN: Elektabilitas ‘Asyik’ Tertinggi di antara 4 Paslon Cagub-Cawagub Jabar

LSIN: Elektabilitas ‘Asyik’ Tertinggi di antara 4 Paslon Cagub-Cawagub Jabar

10Berita, BANDUNG—Menjelang pemungutan suara pilkada Jawa Barat, elektabilitas Sudrajat-Ahmad Syaikhu diklaim yang tertinggi di antara keempat cagub-cawagub Jabar. Temuan ini disampaikan Lembaga Survei Independen Nusantara (LSIN), Selasa (26/6/2018).

Bahkan LSIN mengklaim bahwa Tingkat keterpilihan kandidat jagoan Partai Gerindra dan PKS itu disebut telah menyalip Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum.

BACA JUGA: Jumhur Hidayat: Menangkan Asyik Berarti Berjuang Demi Kedaulatan dan Kesejahteraan Rakyat

Berdasarkan hasil surveinya, LSIN mengklaim tingkat elektabilitas Sudrajat-Ahmad Syaikhu sebesar 30 persen, disusul Deddy Mizwar- Dedi Mulyadi 26 persen, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum 25 persen, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan 9 persen.

Menurut LSIN, sejak Mei sampai Juni, terjadi fenomena ekstrem pada hasil survei atas perilaku pemilih di Jawa Barat. Kampanye seputar pemilu presiden 2019 ternyata berpengaruh terhadap persepsi pemilih calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat.

BACA JUGA: Asyik Optimis Menangi Pilgub Jabar, Ini Faktor-faktor Penyebabnya

Elektabilitas Sudrajat-Ahmad Syaikhu disebut tertinggi karena mereka mampu meyakinkan masyarakat dengan memainkan isu atau kampanye #2019GantiPresiden. Manuver itu dianggap ampuh terjadi di Jawa Barat dengan efek dominan dari fenomena kasus yang terjadi di Jakarta seperti aksi 212 dan sebagainya.

“Kalau komitmen nomor tiga, dari survei yang kita lakukan, harus menjaga betul mainan mereka, kita lihat mereka memainkan isu pergantian kepemimpinan nasional, dan itu dimaksimalkan betul untuk mengambil pemilih,” kata Direktur LSIN, Muhammad Yasin di Bandung. []

SUMBER: VIVA