OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 19 Juli 2018

5 Keajaiban Alam Indonesia yang membuat Dunia Terpukau, Nomor 5 Dipakai untuk Asian Games

5 Keajaiban Alam Indonesia yang membuat Dunia Terpukau, Nomor 5 Dipakai untuk Asian Games

 

10Berita, Kekayaan Alam yang dimiliki Indonesia memang menakjubkan. Dari darat hingga laut, semua ada dan menawarkan keistimewaan tersendiri. Bahkan beberapa di antaranya, hanya satu-satunya Indonesia yang punya, lantaran tidak ditemukan di belahan bumi manapun. Apa saja?

Simak, 5 keajaiban alam Indonesia yang membuat dunia terpukau, versi Politiklime seperti dilansir dari berbagai sumber.

1.Danau Kelimutu

liburmulu.com

Terletak di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Danau Kelimutu menjadi danau yang benar-benar ajaib. Dalam satu kawasan terdiri dari tiga danau dengan warna berbeda, merah, biru dan putih. Pada bulan-bulan tertentu warna tersebut akan berubah dengan sendirinya.

Menurut beritagar.id (18/7/2018) perubahan warna tersebut disebabkan oleh perubahan kadar gas yang terkandung di perut gunung kelimutu ini. Tentu saja ini sangat unik, dan menyedot perhatian wisatawan dunia. Seharusnya, Danau Kelimutu sudah dijadikan Keajaiban Alam Dunia.

2. Kawah Ijen

triphobo.com

Blue fire atau nyala api biru adalah zat langka di dunia yang bisa ditemukan di Gunung Ijen. Ya, Gunung Ijen di Banyuwangi tidak hanya terkenal dengan pertambangan belerang saja, tapi ada api biru yang melegenda.

Untuk menyaksikan blue fire, pengunjung harus datang pada dini hari sekaligus menyaksikan matahari terbit pada pagi harinya.

3. Pohon Trunyan

sebali.com

Masih ingatkah kamu dengan Pohon Jiwa (Tree of Souls) di Film buatan Hollywood Avatar? Jika ya maka Pohon Trunyan di Bali tidak jauh berbeda. Sama-sama dikramatkan kan menyimpan keberkahan. Hanya saja, pohon ini, juga memiliki fungsi lain sebagai rumah jenazah.

Ya, dilansir dari detik.com (18/7/2018) di Desa Trunyan, Bali, ada tradisi unik dimana manusia yang telah meninggal tidak dikubur, melainkan diletakan begitu saja di bawah pohon Trunyan. Jenazah tidak akan baru, lantaran pohon berusia 11 abad ini punya keajaiban dengan menyebarkan semerbak wangi.

4. Segitiga Masalembo yang Misterius

hotnews.com

Jika di negeri barat terdapat Segitiga Bermuda, maka di Indonesia juga terdapat segitiga Masalembo. Terletak di perairan antara Pulau Jawa dan Sulawesi, Segitiga Masalembo menjadi momok menakutkan bagi kapal-kapal yang melintas.

Bagaimana tidka, menurut okezone.com (18/7/2018) pada bulan-bulan tertentu, di perairan ini kerap datang angin misterius yang memporakporandakan hingga menyedot kapal yang melintas. Sungguh ajaib sekaligus menyeramkan.

5. Api Abadi Mrapen

topworldfact.com

Api Abadi Mrapen adalah keajaiban lain yang bisa ditemukan di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Api ini merupakan fenomena geologi yang berasal dari bawah tanah. Menurut tribunnews.com (18/7/2018) Api Mrapen tidak akan padam, meskipun diguyur hujan.

Karena keajaibannya, api mrapen beberapa kali dijadikan sebagai sumber obor untuk sejumlah perhelatan akbar, seperti Ganefo 1963, PON hingga Asian Games 2018 ini.(Politiklime)

Sumber : UC News