OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 12 Juli 2018

Cari Emas Malah Ketemu Air Terjun Tertinggi di Dunia, Mengerikan! Jatuh Dari Gunung Setan

Cari Emas Malah Ketemu Air Terjun Tertinggi di Dunia, Mengerikan! Jatuh Dari Gunung Setan

Referensi pihak ketiga

10Berita, Pada awal abad ke-20, seorang pilot asal Amerika Serikat bernama James Crawford Angel berkeliling di kawasan udara Venezuela untuk mencari tambang emas. Tetapi bukan tambang emas yang ia temukan, justru ia terpukau melihat pemandangan luar biasa air terjun tidak biasa.

Air terjun itu kemudian dikenal dengan nama Angel Falls, nama yang diambil dari nama penemunya James Crawford Angel. Penemuan itu menjadi salah satu penemuan penting bagi dunia geologi sains, yang kemudian ditetapkan air terjun itu sebagai air terjun tertinggi di dunia. seperti dikutip laman geology.com.

Referensi pihak ketiga

Lokasi air terjun itu saat ini termasuk dalam Taman Nasional Canaima, Venezuel yang juga merupakan wisata alam populer di negara Amerika Latin tersebut. Hanya saja untuk mencapai lokasi tersebut harus menggunakan pesawat.

Berdasarkan penentuan oleh Yayasan National Geographic, Amerika Serikat pada tahun 1949, ketinggian air terjun tersebut mencapai 989 kilometer dengan air yang jatuh tanpa terhalang dari puncak Auyantepui yang dalam bahasa setempat berarti gunung setan.

Menariknya ada cerita tidak menyenangkan terkait air terjun tersebut. Air terjun tersebut terbentuk ketika aliran sungai jatuh dari puncak gunung yang disebut gunung setan itu bukan tanpa alasan.

Referensi pihak ketiga

Nama tersebut berasal dari cerita masyarakat setempat yang merupakan suku Indian, konon mengetahui banyak pendaki yang mencoba menaklukan gunung tersebut, namun tidak satupun yang kembali pulang. (kyu)

Sumber :UC News