OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 10 Juli 2018

Gerindra Yakin Rupiah akan Tumbangkan Jokowi

Gerindra Yakin Rupiah akan Tumbangkan Jokowi


10Berita  – Partai Gerinda cukup yakin Joko Widodo (Jokowi) bakal tumbang di Pilpres 2019. Partai berlogo kepala garuda menyebut rupiah penyebab petahana tak berdaya.

“Kurs rupiah terhadap dolar Amerika menuju 15 ribu,” kata Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Arief Poyono melalui pesan elektronik yang dipancarluaskannya, Senin (9/7).

Dia mengatakan ketidakberdayaan rupiah terhadap dolar akan berdampak besar pada masyarakat. Tingkat kemiskinan bertambah, harga-harga kebutuhan pokok seperti beras dan lain-lainnya yang kebanyakan diekspor kian mahal.

Kondisi demikian, lanjut Arief, juga membuat pelayanan kesehatan terganggu. Harga obat-obatan yang diproduksi dengan hampir 70% bahan baku impor oleh perusahaan farmasi menjadi mahal. Akibatnya, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) akan menanggung kekurangan dana alias deficit.

Tingginya kurs dolar terhadap rupiah juga akan membuat pabrik gulung tikar akibat mahalnya bahan baku sementara daya beli masyarakat merosot. Dengan begitu PHK tidak bisa dielakkan.

Untuk mengatrol nilai rupiah, Bank Indonesia menaikan suku bunga bank. Pilihan ini, lanjut Arief, akan menyebabkan banyak kredit macet terutama kredit di sektor properti rumah murah yang banyak diambil oleh karyawan dan masyarakat berpenghasilan pas-pasan.

Atas kondisi inilah Arief mengajak masyarakat berpikir jernih menatap Pilpres 2019.

“Nah, mau lanjutkan dua periode hingga utang negara/rakyat Indonesia terhadap asing jadi tembus 10 ribu triliun karena dolar bisa sampai 18 ribu, atau ganti presiden 2019?” ucapnya.[rmol]

Sumber: rmol