OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 21 Juli 2018

Hewan Yang Telah Dinyatakan Punah Namun Kembali Terlihat!

Hewan Yang Telah Dinyatakan Punah Namun Kembali Terlihat!

http://harian.analisadaily.com/ilmiah-populer/news/delapan-hewan-punah-coba-dihidupkan-lagi/343823/2017/05/06

10Berita, Mungkin memang banyak dari hewan purba yang ditemukan, akan tetapi itu hanyalah dalam bentuk fosil. Namun yang akan kita bahas adalah hewan yang telah dinyatakan punah, tapi ditemukan lagi bukan dlam bentuk fosil melainkan masih hidup. Apa saja?

Gajah Jawa

http://putugajahagung.blogspot.com/2016/03/sejarah-kampung-gajah-kecamatan.html

Menurut laporan gajah ini terakhir ditemukan pada abad ke 15, pada saat penjajah dari Eropa datang ke Asia. Gajah ini merupakan gajah asli tanah Jawa, menurut kepercayaan gajah ini hanya dipunyai oleh para sultan untuk digunakan sebagai alat transportasi ketika berpergian ke hutan Borneo.

Kalelawar Telinga Panjang

http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2013/08/130805_ukrarebat_iptek

Kalelawar asal Papua ini telah dinyatakan punah di tahun 1890. Setelah 100 tahun berlalu, kalelawar ini kembali ditemukan di tahun 2012 oleh para peneliti dari Australia di habitatnya, hutan Papua. Setelah diteliti yang memakan waktu 2 tahun lamanya, akhirnya mereka tau kalau spesies kalelawar yang mereka temukan adalah kalelawar kuping besar yang telah dinyatakan punah beberapa ratus tahun yang lalu.

Semut Pombero

http://alam.uniknya.com/2012/07/20/5-fauna-diyakini-punah-tetap ditemukan-kembali-bagian-ii-habis/

Ditemukan kembali di tahun 2006, di beberapa negara seperti Brazil, Paraguay, Argentina. Padahal para peneliti spesies semut sudah percaya kalau jenis semut ini sudah punah 20 ribu tahun yang lalu.

Coelacanth

https://www.youtube.com/watch?v=9eqrJeLfFjI

Hidup di 66 ribu tahun yang lalu, di perairan India kan ini punah bersamaan dengan punahnya Dinosaurus ribuan tahun lalu. Namun yang mengejutkan, pada tahun 1938 para nelayan telah menemuka ikan terseut dan kemudia diteliti. Seteelah beberapa lama diteliti, ika yang ditemukan oleh nelayan tersebut memiliki kesamaan dengan ikan purba Coelacanth. Ternyata ikan tersebut memang lah ikan purba yang dikabarkan tela punah ribuan tahun yang lalu, tapi dengan ditemukannya ikan tersebut para peneliti percaya kalau ikan tersebutmasih berkeliaran.

Bermuda Petrel

https://www.carolinabirdclub.org/gallery/Patteson/bepe.html

Burung ini adalah burung laut terlangka di dunia, dan menjadi simbol harapan dari konservasi hewan didunia. Burung ini dijadikan simbol harapan karena telah muncul kembali, padahal telah dinyatakan hilang lebih dari 300 tahun lamanya. Sampai sekarang pun kemunculan burung ini masih sangat susah untuk ditemui.

Sumber: youtube.com/watch?v=JkT011XFmbY