OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 28 Juli 2018

Prestasi Baru Jakarta, Trotoar Super Lebar Mirip Singapura, Bersih dari PKL

Prestasi Baru Jakarta, Trotoar Super Lebar Mirip Singapura, Bersih dari PKL

wartakotalive.com

10Berita, Perubahan Jakarta semakin hari semakin menunjukan progress, apalagi menjelang perhelatan akbar Asian Games 2018. Sejumlah kawasan di ibukota dipercantik, tengok saja seperti di Kawasan Kota Tua, Lapangan banteng dan yang ditunggu-tunggu dan menjadi gongnya adalah Kawasan Gelora Bung Karno (GBK).

Dilansir dari detik.com (19/7/2018) renovasi GBK telah direncankan sejak 2015 silam dan mulai dikerjakan Agustus 2016. Hasilnya, saat ini Komplek GBK tampil cantik, termasuk yang menjadi sorotan adalah trotoar di kawasan GBK yang dianggap mirip dengan trotoar di Singapura.

wartakotalive.com

Ya, trotoar di Kawasan GBK memang jadi tampil cantik dan berbeda. Menurut viva.co.id (19/7/2018) di kawasan GBK, total trotoar yang diperbaiki mencapai 4,2 kilometer dengan lebar 1,5 hingga 10 meter.

Trotaro tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas berstandar internasional seperti papan penunjuk jalan dan informasi, marka khusus atau lajur kuning untuk disable hingga rencana memasang toilet di beberapa titik. Yang pasti, trotoar ini sangat nyaman untuk jalan kaki.

antaranews.com

Di Jakarta beberapa tahun belakangan ini memang banyak hadir trotoar lebar dan bagus. Namun sayangnya, tidak pernah bersih dari pedagang kaki lima. Contohnya saja di Kawasan Sabang, Jakarta Pusat.

Tapi, tidak untuk trotoar Senayan, sejauh ini masih bebas dari PKL lantaran diproyeksikan untuk Asian Games. Bahkan, PKL yang biasanya hadir di trotoar GBK tepat di Jalan Asia Afrika telah dipindahkan ke beberapa tempat, satu di antaranya adalah di Halaman samping Senayan City.

infonitas.com

Selain di GBK, pembangunan trotoar yang lebar dan bagus juga dilakukan di kawasan Velodrome Rawamangun dan Lapangan Equestrian Pulomas. Bersama GBK, dua tempat tersebut juga menjadi venue Asian Games 2018.(Politiklime)

Sumber : UC News