OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 02 Juli 2018

Shalat ini Tidak Akan Pernah Dilakukan Lagi, Setelah Lebih dari 500 Tahun

Shalat ini Tidak Akan Pernah Dilakukan Lagi, Setelah Lebih dari 500 Tahun

Referensi pihak ketiga

10Berita, Tahukah kita, bahwa ada shalat yang sudah tidak pernah lagi dilakukan kaum muslimin selama lebih dari 5 abad lamanya?

Namanya صلاة الفتح (Shalat Futuh), shalat yang dilaksanakan sebanyak 8 rakaat dengan satu kali salam. Shalat ini dilakukan oleh Nabi SAW setelah Penaklukan Kota Makkah (tahun 6 hijriyah). Semenjak itu shalat ini disyariatkan bagi Pasukan Penakluk dari kaum muslimin.

Referensi pihak ketiga

 Terakhir, shalat ini dilakukan oleh Sultan Muhammad Al Fatih (Sultan Mehmed II) usai menaklukkan Konstantinopel (sekarang dikenal sebagai Istanbul, ibukota Turki). Sultan Utsmaniyyah ini menaklukkan benteng terakhir kekaisaran Romawi Timur itu pada Selasa 20 Jumadil Awal 857 H/29 Mei 1453 M, atau sekitar 562 tahun lalu.

Shalat ini juga dilakukan usai penaklukkan beberapa kota di bawah kekhalifahan Islam di antaranya:

Oleh Sa’ad Bin Abi Waqosh Setelah Menaklukkan Qodisiyyah (13 H/636 M).Oleh Abu Ubaidah Setelah Menaklukkan Yarmuk (5 Rajab 15 H /Agustus 636 M)Oleh Umar Bin Khattab Setelah Pembebasan Baitul Maqdis, Jerusalem (15 H / 636 M)Oleh Amr Bin ‘Ash Setelah Menaklukkan Alexandria, Iskandariyah, Mesir (20 H/640 M)

Tentang Shalat Futuh-Kemenangan Rasulullah. Beberapa peristiwa terjadi sebelum dan setelah memasuki Makkah:

Referensi pihak ketiga

1. Hathib bin Abi Balta’ah (seorang sahabat yang pernah turut serta dalam perang Badr dan memiliki keluarga di Makkah) berusaha memberitahukan keberangkatan Rasulullah ini kepada Quraisy Makkah, dengan berkirim surat yang dibawa oleh seorang wanita, namun Rasulullah dapat mengetahui hal ini dan memerintahkan Ali bin Abi Talib dan al-Miqdad untuk mengejar dan menangkap wanita tersebut.

2. Dalam perjalanan menuju Makkah, ketika di al-Juffah beliau bertemu dengan paman beliau al- Abbas dan keluarganya yang telah masuk Islam dan ingin berhijrah

3. Ketika tiba di al-Abwa Rasulullah bertemu dengan anak paman beliau Abu Sufyan bin al-Harits dan anak bibi beliau Abdullah bin Abi Umayyah yang telah masuk Islam dan bermaksud untuk Hijrah ke Madinah

4. Setelah membersihkan ka’bah dan waktu sholat tiba, Rasulullah memerinta Bilal agar menaiki Ka’bah dan menyerukan adzan.

5. Rasulullah melakukan shalat kemenangan atau shalat syukur sebanyak delapan rakaat di dalam rumah Ummu Hani’ binti Abu Thalib.

Sumber: www.panggilandarisurau.co