OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 17 Juli 2018

Sindir Israel, Paus: Kekerasan Tak akan Bawa Perdamaian di Timur Tengah

Sindir Israel, Paus: Kekerasan Tak akan Bawa Perdamaian di Timur Tengah

10Berita, VATIKAN—Paus Fransiskus telah membuat komentar yang tampaknya ditujukan untuk Israel. Paus mengatakan bahwa membangun tembok, menduduki wilayah dan fanatisme agama tidak akan pernah membawa perdamaian ke Timur Tengah.

Reuters melaporkan bahwa dalam pembicaraannya di akhir pertemuan puncak para pemimpin agama Kristen, Paus juga mengulangi pandangannya bahwa “status quo” dari kota Yerusalem yang diperebutkan harus dihormati. Ia juga mendukung solusi dua negara untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

BACA JUGA: Paus Katakan “Neraka Tidak Ada,” Vatikan: Itu Rekayasa

“Penghentian yang dibuat dengan membangun dinding dan memamerkan kekuasaan tidak akan mengarah pada perdamaian, tetapi hanya keinginan konkret untuk mendengarkan dan terlibat dalam dialog (yang bisa membawa perdamaian),” katanya menambahkan.

Biarlah ada akhir dari keuntungan sedikit diatas penderitaan banyak orang ini. Tidak ada lagi wilayah pendudukan dan penyiksaan orang-orang.

Paus mengatakan banyak konflik telah dipicu oleh “bentuk-bentuk fundamentalisme dan fanatisme yang, dengan kedok agama, telah menodai nama Allah, yang adalahperdamaian, dan menganiaya tetangga-tetangga lama”.

Ia mengatakan setiap komunitas di Timur Tengah harus dilindungi, “tidak hanya mayoritas,” dan menghentikan pengadaan senjata, mengatakan “Kalian tidak dapat berbicara tentang perdamaian saat kalian diam-diam berpacu untuk mengumpulkan senjata baru.” []

SUMBER: ARN
, Islampos.