OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 05 Juli 2018

Situs Kota Muslim di Spanyol Masuk Daftar UNESCO

Situs Kota Muslim di Spanyol Masuk Daftar UNESCO

10Berita, SPANYOL—Kota dan bangunan peninggalan sejarah yang sangat terawat dekat kota Cordoba, Spanyol, telah masuk ke daftar situs Warisan Dunia UNESCO pada Ahad (1/7/2018). Bangunan megah ini dulunya adalah kota Khilafah Madinah Azahara, sebuah kota Muslim Arab abad pertengahan di Spanyol.

Situs Moor abad ke-10 adalah bukti dari “Pengetahuan mendalam tentang peradaban Islam Barat yang kini menghilang dari Al-Andalus, pada puncak kemegahannya,” kata Komite Warisan Dunia Badan Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO), yang bertemu di Bahrain.

“Setelah berjaya selama beberapa tahun, istana kota yang luar biasa yang merupakan ibu kota de facto al-Andalus, atau Spanyol Muslim dihancurkan selama perang saudara yang mengakhiri Khilafah di tahun 1009-1010 masehi,” kata panitia dari UNESCO.

Kota ini dibangun sebagai simbol kekuatan untuk menyaingi kekhalifahan Baghdad, namun kota ini hanya bertahan kurang dari satu abad sebelum dihancurkan dalam sebuah pemberontakan yang mengakhiri kekhalifahan Cordoba pada awal abad ke-11.

BACA JUGA: Granada, Kerajaan Islam Terakhir yang Runtuh di Bumi Andalusia

Sisa-sisa kota itu terlupakan selama hampir 1.000 tahun sampai penemuan kembali mereka di awal abad ke-20.

Situs ini adalah tempat harta karun bagi para arkeolog yang menampilkan “Landmark perkotaan lengkap” termasuk jalan, jembatan, sistem air, bangunan, elemen dekoratif dan benda sehari-hari, kata UNESCO. []

SUMBER: ALARABIYA,  Islampos.